Go to ...

RSS Feed

Thursday, November 14, 2019

Sejarah singkat Bell & Ross


Masa-masa awal
Bell & Ross didirikan pada tahun 1992, sebagai sebuah proyek di universitas, oleh dua orang teman : Bruno Belamich dan Carlos Rosillo.
Bruno Belamich adalah “Bell” dalam nama brand mereka dan juga sebagai perancang jam tangan sementara Carlos Rosillo adalah “Ross” sebagai bos operasional perusahaan.
Kedua pemuda ini memiliki visi yang sama tentang sebuah jam tangan yang fungsional dan tangguh.
Idenya adalah untuk menciptakan suatu instrumen jam, yang terinspirasi oleh segala sesuatu militer – pasukan khusus, pasukan komando penyelaman, pasukan udara dan juga kegiatan di lapangan secara umum.
Jam tangan pertama mereka ternyata tidak dibuat di Swiss – seperti yang mungkin kita duga – jam mereka dibuat di Jerman oleh perusahaan bernama Sinn Spezialuhren (sebuah merek yg cukup terkenal untuk jam tangan).IMG_6112
Jam tangan Bell & Ross pertama, karena dibuat oleh Sinn maka kata “Bell & Ross by Sinn” tercetak di dialnya.
Sebagian besar jam tangan Bell & Ross awalnya hanya mengganti dial ke merek brand mereka dari jam tangan Sinn, seperti misalnya Bell & Ross Space 1 hanya mengganti dari dial nya jam Sinn yang tipe itu merupakan jam chronometer otomatis Sinn pertama yang dikenakan di luar angkasa (pada tahun 1985 oleh fisikawan dan astronot Jerman Profesor Dr. Reinhard Furrer).
Belakangan B & R mulai merancang jam tangan sendiri (walau masih diproduksi oleh Sinn), seperti Type Demineur, yang dipesan untuk digunakan oleh unit pembuangan bom dari Layanan Keamanan Prancis.
Sejarah kebersamaan B&R dan Sinn ini berlangsung hingga 2002 ketika Bell & Ross mengambil kesempatan untuk memiliki fasilitas produksinya setelah melakukan akuisisi saham perusahaan Chanel Horlogerie dan juga memperoleh akses ke lokasi produksi jam di La Chaux-de-Fonds, Swiss.
Perubahan yang nyata dalam bentuk desain produk, dimulai pada tahun 2005, dengan diperkenalkannya jam tangan BR 01.
Pada tahun 2005, Bell & Ross meluncurkan bentuk jam yang akan menjadi acuan desain produk mereka kedepannya, mudah dikenali di antara ratusan model jam lainnya, model Instrumen BR 01 .
BR 01 adalah jam tangan yang solid, dengan desainnya sendiri yang diterapkan dalam berbagai edisi yang berbeda.
BR 01 merupakan bagian yang penting Bell & Ross. Jam model ini memberikan B&R ciri tersendiri dan menjadi terkenal di kalangan komunitas pencinta jam. Alasan utama kesuksesan nya terletak pada kesederhanaan desainnya … sederhana dalam hal ini dimaksudkan secara positif.
BR 01 kesannya kuat karena sederhana, unik dan mudah dikenali. Tetapi juga dibarengi dengan aura militer.
Konsep ini didasarkan pada dial bulat dalam casing berbentuk persegi empat.
Sebagian besar instrumen militer biasanya mempunyai desain yang aneh, berdasarkan fungsionalitas nya dilapangan. Agar mudah dimasukkan ke dashboard, biasanya instrumen ini sebagian besar berbentuk persegi dengan 4 sekrup fungsional (satu di setiap sudut) dan dengan bulatan bulatan panel di tengah.
Hitam merupakan warna yang standar untuk dunia militer dengan alasan fungsional – menghindari pantulan cahaya dan membuat kontras warnanya dengan indeks dan jarum penunjuk radium / tritium.
Menggunakan resep yang sama ini, Bell & Ross meluncurkan BR 01 dalam casing stainless dan kadang dengan kotak yang hitam, dengan dial yang sangat ramping tetapi kontras warnanya.
Fungsional, sangat dasar, tetapi sangat kuat dalam hal identitas merek.
BR 01, dengan bentuk casing ukuran 45mm x 45mm, awalnya merupakan desain yang sempurna.
Namun, sekarang casing segi empat besar ini sudah hampir menghilang dan telah semakin digantikan oleh adik nya, BR 03 – sebuah jam tangan dengan desain yang sama tetapi lebih pas untuk dipakai sehari-hari: casing ukuran 42mm x 42mm, dilengkapi date window dan kadang ditambahkan detail sedikit lebih mewah pada casing dan dial nya.
Setidaknya, model B&R yang kita bisa lihat saat ini masih sangat sejalan dengan desain awal ditahun 2005 yang asli yang tanpa basa-basi.
Saat ini B&R banyak menggunakan movement Sellita sebagai pengganti movement ETA yang mulai dihentikan penggunaan nya oleh brand diluar group SWATCH..

Disarikan dari Monochrome Info

Tags: ,

More Stories From Bell & Ross