Go to ...

RSS Feed

Sunday, August 18, 2019

Ulasan sekilas : Sellita


Perusahaan jam tangan yang kuat mungkin saat ini sedang berupaya untuk membuat semuanya dari raw material sampai barang siap jual dikerjakan sendiri, akan tetapi banyak juga perusahaan kelas menengah (dan juga beberapa brand kelas atas) masih mengandalkan Sellita untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh ETA.
Sekarang, pemasok pihak ketiga sedang berupaya mengembangkan movement nya sendiri dari awal.
Jika kita bertanya kepada bahkan penggemar jam tangan, perusahaan jam mana yang menghasilkan movement mekanis di Swiss hari ini, tidak banyak orang akan berpikir untuk memasukkan nama Sellita.Rolex-VS-Jaeger-LeCoultreIni mungkin dapat dimengerti mengingat bahwa produsen dari Chaux-de-Fonds ini lebih senang dalam bisnis mempertahankan pelanggannya – yaitu para pemilik brand jam tangan – daripada aktif memasarkan dan menawarkan produk yg mereka hasilkan, dalam hal ini movement jam kepada konsumen yang baru.
Sellita menjadi perusahaan B2B, dengan memasok industri jam dengan sejumlah besar movement mekanis yang telah ditest dan diuji ketat setiap tahunnya.
Dalam beberapa tahun terakhir jumlah itu mencapai 1,2 juta buah per tahun; itu jumlah yang lebih banyak daripada movement yg dihasilkan oleh Rolex dan hanya dilampaui oleh Swatch Group / ETA.
Tetapi juga karena ketergantungan Sellita pada perkembangan pemasaran jam tangan pelanggan nya telah membuat mereka mengalami penurunan bisnis nya sekitar 50 persen selama tiga tahun terakhir.
Sekarang, dengan penjualan yang mulai pulih, perusahaan itu memulai perubahan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar dalam market jam tangan.
Sellita hanya menjual movement mereka sendiri selama 14 dari 68 tahun terakhir dalam bisnisnya dan movement yang dipasoknya sejak 2004 hampir semuanya didasarkan pada desain ETA yang tidak dipatenkan.
Sekarang Sellita berencana untuk memulai maju dengan movement baru asli desin mereka, movement dengan kinerja tinggi untuk membedakan dirinya dari pesaing.
Plan tersebut telah dimulai dengan membangun bangunan seluas 5.000 m persegi, fasilitas produksi canggih akan memungkinkan Sellita untuk meningkatkan produksi.
Sellita juga telah membawa sejumlah talenta baru untuk mengembangkan movement inhouse baru mereka Dr Sebastien Chaulmontet, yang tadinya merupakan motor penggerak di belakang merek La Joux Perret Arnold & Son dan Angelus yang mengambil kendali sebagai kepala inovasi dan pemasaran di Sellita.
Dia dengan cepat bergabung dengan Johannes Jahnke, pembuat jam Christopher Ward yang mengembangkan movement In-Hiuse SH21, sebagai direktur pengembangan.
Sellita belum mengungkapkan berapa banyak In-House movement baru yang akan dikembangkan tetapi targetnya siap produksi pertama di tahun 2019. “Kami akan mulai dengan satu gerakan dan tumbuh langkah demi langkah,” kata Chaulmontet. “Kami tidak membutuhkan ratusan Caliber; merek jam pada dasarnya hanya akan membutuhkan dua hingga tiga movement otomatis ”.
Sebagai bagian dari langkah Miguel Garcia, CEO dan pemilik Sellita, mengakui bahwa bisnis yang sebelumnya bersifat “rahasia” perlu dikomunikasikan peran mereka dengan lebih baik dalam industri jam ini kepada umum.
Sellita didirikan pada tahun 1950 sebagai perusahaan, membeli ébauches (movement dalam bentuk kit) dari ETA, merakitnya dan kemudian menjual kembali movement yang telah selesai kepada brand jam yang membutuhkan nya.
Cara ini berjalan cukup lama terutama untuk pelanggan yang tidak mau repot membangun pabrik sendiri, Sellita adalah pelanggan tunggal terbesar ETA.
Kemudian pada tahun 1990, ETA akhirnya mulai menyatukan komponen yang dihasilkannya dan membuatnya menjadi produk siap pakai; tiba-tiba ETA dan Sellita menjadi bersaing, tetapi hanya satu yang memproduksi raw material nya.
Situasi lalu bergeser dramatis pada tahun 2002 ketika Nick Hayek Sr. mengumumkan ETA akan berhenti memasok ébauches ke perusahaan di luar Grup Swatch setelah tahun 2006.
Sementara berita ini sangat mengganggu merek jam yang mengandalkan kit dari ETA, hal ini menjadi berita yang jauh lebih buruk untuk Sellita, yang sepenuhnya mengandalkan jalur pasokan ini.
Sellita, bersama dengan tetangganya La Joux-Perret, mengajukan protes kepada otoritas kompetisi Swiss yang memutuskan bahwa ETA harus mempertahankan pasokan ébauches hingga tahun 2010.
Sementara waktu supply pasokan telah diperpanjang, jelas bahwa Sellita perlu melakukan perubahan besar agar bisa tetap bertahan.
Jadi, pada tahun 2004 Sellita mulai memproduksi movementnya sendiri, SW200, yang secara cerdik didasarkan pada movement otomatis ETA yang tidak dipatenkan, 2824-2, yang diperkenalkan pada tahun 1981.
Desain bentuk yang identik dengan 2824-2 artinya pelanggan yang ada sekarang dapat memilih movement Sellita bukannya ETA tanpa harus merubah bentuk jam tangan mereka untuk mengakomodasi movement ini.
Dr Chaulmontet, menjelaskan: “Harga adalah segalanya. Jika Anda bisa membuatnya sendiri secara teknis tetapi biaya nya CHF300-400, Anda akan mati, tidak ada yang membeli movement Anda. Jadi, Anda memiliki masalah teknis, harga, dan juga waktu. Saya tidak ada di sini saat itu tetapi industri berpikir mereka tidak akan pernah berhasil. ”
Tetapi Sellita mencapai apa yang ingin mereka capai dan terus merilis ‘kloning’ ETA. SW300 dan SW500 didasarkan pada chronograph otomatis terbaru ETA, 2892, dan Valjoux 7750. Satu-satunya movement Sellita asli saat ini, SW1000 kecil, dirancang pada tahun 2014 sebagai mesin otomatis jam wanita kelas atas dan juga digunakan beberapa untuk jam pria.

Saat ini Sellita terdiri dari 500 staf yang berbasis di tiga lokasi di Chaux-de-Fonds, Jura di Swiss dan Glashütte di Jerman.

Tetapi bisnis ini bukan manufaktur yang vertikal, juga tidak bertujuan untuk itu. Karena itu akan membutuhkan, menurut perkiraan Sellita sendiri, lima kali lebih banyak karyawan untuk menghasilkan 200-400 juta komponen yang digunakan setiap tahun. Sellita memilih untuk tetap menjadi bagian dari infrastruktur pemasok dan pelanggan yang lebih tradisional di Swiss dan juga mengembangkan jaringan 100 pemasok untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Namun, apabila komponen tidak memenuhi persyaratan kualitas dan harga yang ditetapkan oleh Sellita, perusahaan mengambil pendekatan pragmatis dan atau memproduksinya sendiri.

Kontrol kualitas diterapkan dengan ketat karena, untuk bisnis volume seperti Sellita, keandalan (bersama dengan harga satuan) adalah kuncinya.

Bagian terbesar dari ruang pabrik digunakan untuk produk andaln Sellita, SW200. Sellita memproduksi sekitar 500.000 movement setiap tahun dan sementara sub-perakitannya sangat terotomatisasi, banyak perakitan akhir dilakukan dengan tangan dengan sejumlah pengerjaan bergerak dari bangku ke bangku di atas seperangkat rel Lanco manual yang antik.
Sellita memasok movement untuk ke sekitar 300 merek/brand, akan tetapi tidak semuanya output perusahaan berupa movement yang siap pakai. Ada juga beberapa yang sudah berbentuk jam tangan jadi.
Untuk beberapa merek jam tangan, lebih masuk akal dan efisien secara finansial tidak hanya untuk menggunakan salah satu movement Sellita tetapi juga meminta Sellita untuk menyelesaikannya sampai menjadi produk jadi, mereka tinggal memasarkan saja.
Merek-merek yang tersebut mengirimkan casing yang diperlukan, crown, dial, jarum jam, dan tali pengikat ke Sellita, yang kemudian merakit menjadi produk dengan movement Sellita didalam nya.
Ada jam yang dirakit penuh dari sejumlah merek berbeda, tergeletak di nampan bermerek sementara ada satu merek bahkan memiliki bagian khusus di dalam pabrik Sellita, yang hanya fokus pada merakit jam tersebut.
Semua orang tahu bahwa ini biasa terjadi dalam industri jam, merek-merek ini bukan dari merek yang mengklaim sebagai pabrikan jam.
Investasi Sellita terus berkelanjutan, di saat yang sama beberapa merek jam juga secara aktif mencari alternatif untuk movement ETA, apabila sudah tidak di suport ETA lagi.
“Kami memiliki posisi yang lebih kuat dan akan lebih kuat untuk masa depan,” kata Garcia. “Dan pelanggan kami akan mendukung kami setelah tahun 2020. Saya harap. Bagi mereka sangat penting bahwa Sellita terus ada. Kami tidak memiliki arogansi atau keinginan untuk sepenuhnya menggantikan ETA, tetapi kami memiliki tanggung jawab untuk siap jika mereka berhenti mensupply movement nya. ”
Kata yang bersangkutan di sana adalah ‘jika’, yang berarti langkah ini bukan tanpa risiko. Jika ETA melaksanakan keputusannya untuk mengakhiri supply movement, maka Sellita dalam posisi yang berbahaya.
“Itu bisa menutup bisnis perusahaan,” Garcia menambahkan secara dramatis. “Pasar tidak akan membutuhkan Sellita lagi. [Tapi] kami sudah siap sebelum ETA berhenti memasok kit. Mengapa kami bisa memasok satu juta movement setahun? karena kami adalah perusahaan yang dinamis, kami melayani pelanggan kami dan mereka senang bekerja bersama kami. “

Tags: ,

More Stories From Berita HoW