Go to ...

RSS Feed

Monday, December 9, 2019

Ulasan tentang Rolex GMT-Master II 116710BLNR


Tidak semua orang menyukai Rolex, tetapi merek tersebut memiliki sejarah cukup panjang dan telah memberikan kontribusi penting yang tak terhitung jumlahnya pada dunia horologi.
Sebagai contoh, Rolex secara luas dikenal dengan menciptakan jam tahan air pertama; itu juga pelopor jam tangan pertama dengan tanggal yang berubah secara otomatis, Datejust; dan juga jam tangan pertama yang menunjukkan dua zona waktu sekaligus, GMT-Master.Batman_1Disini akan diulas mengenai Rolex GMT-Master, atau lebih tepatnya, Rolex GMT-Master II 116710BLNR – yang dikenal dengan nama populer nya .. Batman.
Rolex GMT-Master II modern diperkenalkan pada tahun 2005 dalam bentuk GMT-Master II berbahan all-gold, ref 116718LN.
Diameter Rolex GMT-Master II ini tidak berubah pada 40mm, tetapi memiliki apa yang sekarang dikenal sebagai “Super Case” dan “Maxi Dial” – casing terlihat lebih besar dan dial dengan marker yang lebih gemuk, – dan karenanya terlihat lebih besar dari ukuran 40mm.
Untuk pertama kalinya, jam ini menguunakan bezel keramik yang menurut Rolex hampir anti gores dan tidak pernah pudar warnanya.
Perubahan lain termasuk Crown Trip-lock yang lebih besar, bracelet baru dengan tautan tengah yang dipoles dan sambungan Easylink, jarum penunjuk 24 jam berwarna hijau, dan movement baru, kaliber 3186.
Cal 3186 tidak memiliki fungsi baru dan sama dengan cal 3185, tapi dilengkapi dengan pegas baru Parachrom dari Rolex dan operasional jarum jam sekarang lebih halus dan lebih presisi.
Setahun setelah Rolex GMT-Master II Ref. 116718LN, Rolex merilis versi half-gold, atau two-tone, yang dikenal sebagai Ref. 116713LN; dan pada 2007, akhirnya merilis Ref 116710LN all-steel.
Satu hal yang secara mencolok hilang dari jam baru ini adalah bezel aluminium dua warna yang membuat arloji Rolex GMT-Master lama begitu dikenali karena kekusaman nya kalau lama digunakan dan diganti dengan bahan keramik yang selalu tampak baru.
Model lama menggunakan bezel aluminium, yang bisa dengan mudah dicetak. Bezel baru dari keramik adalah bahan yang jauh lebih sulit untuk dikerjakan, dan waktu yang lama, Rolex pernah suatu saat mengatakan bahwa tidak mungkin membuat bezel dua warna pada keramik.
Jadi, Rolex membuat kejutan ketika di Baselworld 2013 Rolex meluncurkan Rolex GMT-Master II stainless stell dengan bezel keramik berwarna biru dan hitam – Ref. 116710BLNR (BLNR untuk bleu/noir).
Hal ini segera menjadi topik yang menarik dan menjadi salah satu jam yang paling diperhatikan saat itu, terlihat betapa bagusnya bezel keramik baru itu.
Pembuatan bezel keramik dua warna ini cukup teknis dan sebenarnya dimulai dengan warna biru, warna hitam dicampur kemudian menggunakan proses yang dipatenkan Rolex.
Warna kedua dicapai dengan menutupi setengah dari bezel dan mengekspos setengah yang terbuka ke perlakuan kimia yang khusus.
Transisi warna antara kedua warna ini sangat sempurna dan sangat tajam, tanpa ada warna yang kabur sama sekali. Angka-angka di bezel yang diukir kemudian dilapisi dengan lapisan tipis platinum untuk memberikan tampilan tiga dimensi yang mengkilap yang mencolok dan mudah dibaca.
Sebenarnya kombinasi warna biru dan hitam adalah pilihan yang tidak biasa untuk Rolex, dan belum pernah ada di produk sebelum Rolex GMT-Master II Ref. 116710BLNR.
Warna tentu saja merupakan hal yang sangat subyektif, tetapi biru memang masuk akal – biru untuk jam siang dan hitam untuk jam malam.
Ada hal yang menarik perhatian adalah rona warna biru pada bezel berubah tergantung pada cahaya. Dalam lingkungan yang cerah, di bawah sinar matahari langsung, misalnya, warna biru akan sangat cemerlang dilihat, dan pada sudut tertentu, tampak hampir keunguan. Dalam pencahayaan rendah, warna biru entah bagaimana menghilang, dan bezel terlihat hampir sepenuhnya hitam. Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa bezel dua warna ini seperti bunglon.
Rolex 116710BLNR Batman ini memang produk yang sangat menarik dan lebih casual dibanding produk GMT Master II yang lain.

Tags: ,

More Stories From Rolex