Go to ...

RSS Feed

Wednesday, October 16, 2019

The History of an Icon – Rolex Submariner


Jorg Weppelink
Satu hal yang paling menarik tentang jam tangan adalah kemampuan mereka untuk bertahan dan tetap ada dari generasi ke generasi selanjutnya.
Rolex Submariner mungkin adalah salahsatu jam yang paling populer diantara semuanya.
Jam tangan untuk segala aktivitas dan telah sukses besar sejak diperkenalkan pada awal 1950-an.
Banyak faktor yang telah berkontribusi pada keberhasilannya.sub_6200Pertama, jam ini secara konsisten membuktikan dirinya sebagai jam untuk diving yang berkualitas tinggi dan paling layak selama lebih dari 60 tahun terakhir.
Kedua, Rolex dengan cara pemasaran mereka, mendapatkan banyak perhatian bagi tipe Submariner melalui kesertaannya dalam banyak film James Bond.
Terakhir, dan mungkin yang paling penting, Submariner juga dapat berfungsi sebagai jam tangan untuk segala suasana berkat desainnya yang elegan dan tak lekang oleh waktu.
Mata orang pasti akan tertarik pada jam ini, bahkan jika mereka sudah tahu jam berapa sekarang.
Submariner lebih dari sekedar jam: Jam ini sudah menjadi lambang kesuksesan dan prestise.
Awal Mula…
Seperti banyak ikon jam tangan klasik, semuanya dimulai dengan pertanyaan sederhana.
Kisah Rolex Submariner dimulai pada awal 1950-an ketika direktur Rolex dan penyelam amatir, Rene P. Jeanneret, menantang perusahaan untuk mengembangkan jam tangan bagi menyelam yang juga bisa dipakai sebagai jam elegan untuk penggunaan sehari-hari.
Pada tahun 1953, perusahaan siap untuk menjawab tantangan Jeanneret. Pada tahun yang sama, Auguste Piccard dan putranya, Jacques, mencoba memecahkan rekor menyelam dunia.
Pasangan ayah anak ini berhasil membawa “bathyscaphe” mereka ke kedalaman rekor mengejutkan 3.131,8 meter (10.275 kaki).
Terpasang di luar adalah Rolex yang dibuat khusus untuk petualangan ini.
Setelah bathyscaphe muncul kembali, jam itu masih berfungsi dengan baik.
Ini adalah awal dari kebangkitan Submariner.
Pada tahun 1954, Rolex memperkenalkan dua model Submariner kepada publik di Basel Watch Fair.
Dua model ini, ref 6204 dan 6205, adalah jam pertama yang dibuat tahan air hingga 100 meter (328 kaki).
Setahun kemudian, versi ketiga dengan nomor ref 6200 – dianggap oleh banyak orang sebagai ‘desain Submarine Rolex yang asli’ – diperkenalkan kepada publik.
Meskipun itu dikeluarkan setelah ref 6204, nomor referensi dan movement nya menunjukkan bahwa sebenarnya ref 6200 diproduksi sebelumnya.
Ref. 6200 sedikit lebih besar, memiliki casing yang lebih tebal, tahan air hingga 200 m (656 kaki), dan memiliki Crown yang lebih besar daripada dua nomor referensi lainnya. Perbedaan lain adalah dial gaya “3-6-9” dari Explorer.
Namun, tidak satu pun dari tiga model pertama yang menampilkan tulisan ‘Submariner’ pada dial, karena tulisan itu sendiri baru muncul pada akhir 1954.
Model itu juga tidak memiliki pelindung crown.
Ada yang mengatakan bahwa pendiri Rolex Hans Wilsdorf berpikir publik belum siap untuk menerima jam yang lebih tebal seperti model ref 6200 dan, oleh karena itu, memilih untuk mengeluarkan ref 6204 dan 6205 yang lebih tipis terlebih dahulu.
Menyempurnakan Submariner
Pada tahun-tahun setelah debutnya, Rolex merasa masih ada perbaikan yang harus dilakukan pada Submariner.
Mereka kemudian merilis beberapa pembaruan. Salah satu adalah pengenalan kaliber Rolex bersertifikasi kronometer 1030 ke ref 6538 dan 6536 pada tahun 1955.
Movement yang revolusioner ini terbukti lebih efisien daripada movement sebelumnya.
Dalam film Dr. No , James Bond memakai ref 6538, sehingga meningkatkan status ref 6538 menjadi ikon hingga hari ini.
Pembaruan desain utama pertama datang dengan rilis nomor ref 5512 dan 5513. Keduanya memiliki masa produksi yang lama, Rolex memproduksi 5512 dari tahun 1958 hingga 1978, sementara 5513 diproduksi perdana pada tahun 1962 hingga tahun 1989.
Desain mereka juga mencakup beberapa perubahan besar:
Ukuran casingnya diperbesar dari 36 mm menjadi 40 mm, memiliki pelindung crown, dan juga tulisan “Superlative Chronometer, Officially Certified” kini tertera di dial.
Selain itu, Rolex juga terus meningkatkan movement mereka.
Kaliber 1520 dan 1530 terbukti merupakan langkah maju dari movement sebelumnya.
Lensa Cyclops
Pada tahun 1966, Rolex menambahkan fitur ikonik lain ke Submariner dengan pengenalan pada ref 1680. Submariner pertama yang menampilkan jendela tanggal dan kaca plexiglass dengan lensa Cyclops yang sekarang terkenal untuk memperbesar tanggal.
Meskipun kontroversial, tidak ada keraguan bahwa lensa Cyclops telah menjadi fitur yang ikut menentukan banyak model Submariner.
Ref 1680 ini ditenagai oleh kaliber Rolex 1575 yang baru dan lebih baik dan juga menampilkan tulisan merah pada dial sampai tahun 1973.
Sejak itu, model dengan elemen warna-warni ini menjadi legendaris dan sangat dicari oleh para kolektor.
Dari Stainless Stell ke Emas
Sampai 1969, Rolex Submariner hanya tersedia dalam stainless stell.
Pada saat itu, Submariners sudah menjadi ikon dengan popularitas yang luas.
Ini menginspirasi Rolex untuk memperkenalkan versi emas pertama Submariner.
Beberapa tahun sebelumnya, perusahaan telah memiliki ide untuk memperkenalkan versi emas putih 1680 dan bahkan telah membuat prototipe untuk arloji ini.
Entah bagaimana itu ref ini tidak pernah diproduksi, dan mereka memutuskan untuk beralih ke versi emas kuning dengan dial dan bezel biru.
Ref. 16618 dirilis pada tahun 1969 dan menambahkan dimensi ekstra untuk seri Submariner.
Itu menandai masuknya nuansa kemewahan dalam bentuk logam mulia ke model Rolex. Itu juga merupakan Submariner pertama yang memiliki tombol dan bezel berwarna berbeda.
Zaman Modern, Bahan-Bahan Modern
Tidak sampai akhir 1970-an Rolex memutuskan untuk membuat pembaruan besar untuk Submariner mereka yang sangat sukses dan meningkatkan kemampuan kinerja yang sudah mengesankan.
Pada tahun 1979, Rolex memperkenalkan ref. 16800.
Ini menambahkan penggunaan kristal safir dan peningkatan ketahanan air hingga 300 meter (984 kaki).
Rolex mengeluarkan pada tahun 1981 dengan ref yang semakin ditingkatkan. Ref. 16800 dan ref baru. 16618. Mereka melengkapi jam ini dengan bezel searah dan penggunaan caliber Rolex 3085.
Era 1980-an juga terlihat pengenalan Submariner di Rolesor (ref. 16613) pada tahun 1983. Rolesor adalah nama dari perusahaan untuk model bicolor dalam emas dan baja.
Lima tahun kemudian, kaliber baru, 3135, diluncurkan sebagai movement Ref. 16610. Setiap peningkatan menunjukkan inovasi nya Rolex.
Butuh waktu hingga tahun 2003 untuk Rolex untuk merilis versi baru berikutnya dari seri Submariner.
Untuk peringatan 50 tahun koleksi, perusahaan memutuskan untuk memperkenalkan versi baja baru dari ref. 16610, kali ini dengan bezel hijau dikenal dengan Kermit.
Sementara banyak yang menganggap itu adalah model peringatan khusus, Rolex sebenarnya membuat ref. 16610LV model produksi normal tanpa edisi terbatas atau bernomor.
Pada dasarnya, itu menambah warna baru untuk keluarga Submariner dan disambut fans Rolex dengan antusias.
Rolex Submariner Hari Ini
Model Submariner Date yang ada di market saat ini, pertama kali dikeluarkan pada tahun 2009.
Rolex melengkapinya dengan bezel keramik, lug yg lebih tebal, dan juga bracelet baru.
Awalnya, Rolex hanya memperkenalkan fitur-fitur ini ke versi Rolesor (ref. 116613LB).
Namun, itu segera diikuti oleh versi emas putih dengan dial dan bezel biru (ref. 116619) dan versi stainless dalam warna hijau dan hitam (ref. 116610LN / LV) pada tahun 2010.
Pada 2012, Rolex mulai melengkapi Submariner No Date dengan bezel keramik yang sama, lug yg lebih tebal, dan bracelet juga.
Selama beberapa dekade, Rolex hanya membuat sedikit perubahan pada jam tangan Submariner klasiknya sejauh itu menyangkut desain.
Itu mungkin sesuatu yang lebih penting daripada semua peningkatan teknis. Inilah yang menjadikan Submariner ikon seperti sekarang ini.
Terlepas dari generasinya, Submariner selalu merupakan Submariner. Ini juga merupakan rahasia kesuksesan Rolex Submariner: Kombinasi desain yang konsisten dengan pengembangan teknis menjadikannya sebuah jam tangan yang diketahui oleh banyak orang dan banyak orang ingin memilikinya.
Apa yang dimulai sebagai jam tangan diver yang elegan untuk penggunaan sehari-hari telah menjadi ikon internasional di antara jam tangan mewah.
Kita dapat mengenakan Rolex Submariner ke hampir semua kesempatan: mulai dari menyelam saat berlibur hingga ke tempat yang elegan.
Yang harus Anda lakukan saat ini adalah memilih versi pilihan Anda dan menabung untuk mendapatkan itu, walau mungkin waiting list dan berdoa harganya tidak naik gila-gilaan.

Tags: ,

More Stories From Informasi Menarik