Go to ...

RSS Feed

Sunday, December 8, 2019

Sekilas Tudor Black Bay P01 – Baselworld 2019.


Kembali ke tahun 1967, saat itu Tudor merupakan pemasok jam tangan ke Angkatan Laut AS, Tudor mengembangkan prototipe untuk jam penyelam taktis yang baru, memenuhi serangkaian spesifikasi yang ditetapkan oleh pemerintah AS, untuk menggantikan Oyster Prince Submariner Ref edisi standar 7928.
Jam Prototipe ini, diberi nama kode “Commando” tidak pernah masuk produksi, karena Angkatan Laut malah mengambil Tudor Ref. 7016 yang menggantikan Oyster Prince yang dihentikan supply nya.Tudor-Black-Bay-P01-Baselworld-2019-14Setelah mendekam di arsip Tudor selama beberapa dekade, desain prototipe itu telah menginspirasi Black Bay P01, model jam baru Tudor yang paling banyak dibahas di Baselworld 2019.
Black Bay P01 (kepanjangan dari “Prototype 1”) mengunakan banyak aspek yang tidak ada di desain “Commando,” yang asli, yang semula di desain sebagai perpaduan antara jam diver dan jam untuk berlayar, terutama posisi Crown nya di Jam 4 pada casing stainless 42-mm dengan sistem penguncian bezel yang berputar – yang di paten kan pada tahun 1968.
Jam ini meskipun jelas agak berbeda dalam tampilan nya dibandingkan tipe Black Bay lainnya, masih bisa dikenali sebagai keluarga Black Bay.
Dial dengan warna hitam matte menampilkan penanda jam “Snowflake” yang telah menjadi ciri di jam tangan Tudor untuk diver sejak 1969.
Casing jam ini memiliki ketahanan air hingga 200 meter.
Di dalamnya, Tudor menggunakan movement Calibre MT5612 dengan frekuensi 28.800 vph dengan Power Reserve 70 jam dan juga telah disertifikasi kronometer untuk ketepatan waktu oleh Lembaga Pengujian Kronometer Resmi Swiss (COSC).
Tudor Black Bay P01 ini menggunakan tali jam “hibrida” yang dikembangkan secara khusus dengan dasar karet dan trim kulit cokelat.

Tags: ,

More Stories From 1 - Mechanical Watches