Go to ...

RSS Feed

Monday, December 9, 2019

Seiko Diver SKX009


Seiko SKX009, adalah versi lain dari saudaranya Seiko SKX007, jam ini menjadi ikon tidak hanya di kalangan penyelam, tetapi juga komunitas penggemar jam tangan.
Seri Seiko SKX00, (007 dan 009), pertama kali keluar pada tahun 1996 dan merupakan cara Seiko untuk membuat arloji selam yang harganya terjangkau dan andal untuk para penyelam.SKX_09_01Seiko SKX009 adalah variasi dari SKX007 dengan dial biru tua dan bezel ‘gaya pepsi’ biru dan merah. Itulah satu-satunya perbedaan di antara kedua jam tangan ini, yang lainnya sama seperti sama menggunakan movement Seiko 7s26.
Sebagai jam untuk diver, Seiko SKX009 tidak hanya menampilkan peringkat tahan air 200 meter yang cocok untuk selam scuba tetapi juga merupakan Diver’s Watch yang bersertifikat ISO.
ISO 6425 (Diver’s Watch):
Standar ISO 6425 hanya diberikan kepada jam tangan selam yang paling kuat dan andal di lapangan.
Selain peringkat kedalaman (yang harus minimal 150 meter untuk memenuhi standar ini), jam juga harus memenuhi standar lain seperti berikut:
• Adanya bezel yang searah dengan setidaknya ada tanda setiap 5 menit berlalu dan penanda pra-pilih untuk menandai tanda menit tertentu.
• Adanya tanda menit yang dapat dibedakan dengan jelas pada dial jam.
• Keterbacaan / visibilitas memadai pada jarak 25 cm (9,8 in) dalam kegelapan total.
• Adanya indikasi bahwa jam tetap jalan dalam kegelapan total. Ini biasanya ditunjukkan oleh penunjuk detik yang berjalan dengan ujung atau ekor yang bercahaya.
• Resistensi magnetik. Ini diuji oleh 3 paparan ke medan magnet arus searah 4,800 A / m.
Jam tangan harus menjaga keakuratannya hingga ± 30 detik / hari seperti yang diukur sebelum pengujian meskipun dalam medan magnet.
• Tahan goncangan. Ini diuji oleh dua kejutan (satu di sisi jam 9, dan satu ke kaca kristal dan tegak lurus ke dial). Goncangan biasanya dialibatlan oleh palu plastik keras yang dipasang sebagai pendulum, sehingga menghasilkan energi yang terukur, khususnya palu 3 kg dengan kecepatan tumbukan 4,43 m/s. Perubahan tingkat yang diizinkan adalah ± 60 detik / hari.
• Ketahanan kimia. Ini diuji dengan pencelupan dalam larutan NaCl 30 g / l selama 24 jam untuk menguji ketahanan karatnya. Larutan uji air ini memiliki salinitas yang sebanding dengan air laut normal.
• Soliditas tali jam. Ini diuji dengan menerapkan gaya 200 N (45 lbf) ke setiap bar pegas (atau titik pasang) pada arah yang berlawanan tanpa kerusakan pada titik arloji atau titik pemasangan.
• Adanya indikator End Of Life (EOL) pada jam tangan bertenaga baterai.
(Sumber – Wikipedia)
Apa yang bisa dianggap paling mengesankan tentang keikutan Seiko SKX009 dengan standar ini, adalah bahwa penting bagi perusahaan untuk mengikuti standar ini.
Ini berarti bahwa melalui memilih untuk mematuhi standar ISO 6425, Seiko harus membayar lebih banyak uang untuk mendapatkan jam yang disertifikasi dengan ini, dan masih masuk dengan harga yang sangat terjangkau yang menjadikan ini jam tangan yang sangat istimewa!SKX_09_04Ulasan
Dalam pengalaman mengenakan Seiko SKX009, rasanya hampir tidak memiliki hal negatif untuk dikatakan.
Ini menjadikan jam ini merupakan salah satu jam tangan kasual terbaik sehari-hari serta salah satu jam tangan penyelam terbaik dan diakui para diver.
Sekarang banyak orang yang suka diver yang menyelam dengan jam tangan mereka, sekarang ini mereka akan melepaskan Rolex Submariner atau Omega Seamaster, dan menggunakan Seiko mereka, karena kinerja saat menyelam sangat sebanding dan mereka juga takut apabila jam mahal mereka merusak / hilang saat menyelam.
Seiko SKX009 memiliki bezel dengan 120 klik yang uni-directional yang menjadikannya lebih unggul dari banyak jam tangan menyelam lainnya di sekitar harga ini.
Pengalaman saya, bezelnya mudah untuk diputar, namun tidak terlalu longgar.
Secara keseluruhan bezelnya sangat menarik, dan warna pepsi juga sesuatu yang banyak orang suka karena unik dan seperti jam vintage.SKX_09_03Casing
Casing jam SKX009 sangat kokoh dan kuat.
Sisi-sisinya dipoles, dan bagian atas didiaain dengan perpaduan antara keduanya yang membuatnya tampak seperti bagian yang jauh lebih mahal daripada yang sebenarnya.
Caseback ini menampilkan Seiko ‘tsunami’, yang biasa dilihat di jam tangan penyelam mereka. Itu juga ditandai dengan tulisan ‘Scuba Diver’s’, yang lagi-lagi hanya dapat dicantumkan di sana karena memenuhi dengan standar ISO 6425 yang disebutkan sebelumnya.
Crown nya berada pada posisi jam 4, diselipkan dengan baik sehingga tidak masuk terlalu dalam ke pergelangan tangan Anda, serta tidak terlalu rentan terhadap benturan.
Kristal itu adalah kristal Seiko Hardlex, yang merupakan versi perbaikan sendiri dari Mineral Glass. Mineral Glass lebih tahan pecah daripada kristal Safir, tetapi akibatnya lebih rentan terhadap goresan.
Kristal Hardlex Seiko didasarkan pada gelas mineral, sangat tahan, pada saat yang sama juga bikin untuk membuatnya lebih tahan gores.SKX_09_06Dial
Dial dari Seiko SKX009 sangat sederhana, namun sangat efektif dan mudah dibaca.
Setiap lima menit, penanda waktu dilapisi dengan lume Seiko super terang yang sangat mudah dibaca dalam gelap. Jarum jam juga dilapisi dengan lume ini, dan jarum menit adalah jarum bergaya panah, sedangkan jarum jam adalah jarum bergaya pedang.
Ini membuatnya sangat mudah dan jelas untuk membedakan keduanya, membuat jam ini sangat mudah dibaca dalam semua situasi.
Di sisi kanan tempat penanda jam 3, ada tampilan kalender day-date dengan latar belakang putih, sehingga mudah dibaca.
Ada pipa bercahaya di ujung keseimbangan (ujung ekor) dari tangan kedua, yang berwarna putih. Seluruh bagian belakang tangan kedua dicat hitam, kontras dengan bagian depan, ujung utama yang semuanya berwarna putih.
Di bawah jam 12 jam ada tulisan ‘Seiko Automatic’, dan tepat di atas penanda jam 6 ada tulisan ‘Divers 200 m’ dalam warna merah terang, di mana kata ‘Divers’ hanya dapat digunakan jika arloji mematuhi standar ISO 6425.
Movement
Seiko SKX009 ditenagai oleh movement Seiko 7s26 yang tangguh dan otomatis, serta menampilkan tampilan kalender Hari-Tanggal.
Movement ini digunakan di banyak jam Seiko lainnya, dan meskipun bukan yang paling akurat (+ -15 detik sehari), movement ini sangat kuat dan tahan lama.
Movement 7s26 menggunakan sistem dari Seiko, yang akan memutar jam tangan baik saat rotor berayun searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam.
Banyak kesaksian orang-orang telah menggunakan Seiko mereka dengan movement 7s26 dan memakainya selama lebih dari 15 tahun tanpa di servive dan ternyata masih bekerja dengan baik!
Anda harus, tentu saja, tidak pernah melakukan ini, tetapi itu hanya menunjukkan betapa baiknya gerakan itu sebenarnya!SKX_09_05Pro kontra
Secara keseluruhan, saya benar-benar menyukai Seiko SKX009, dan itu telah menjadi pakaian saya sehari-hari ‘beater watch’. Ini telah melampaui harapan saya dalam banyak hal, dan masih menyilaukan saya sampai hari ini bagaimana mereka dapat menempatkan begitu banyak ke titik harga yang begitu rendah.
Karena itu, ada juga beberapa poin negatif tentang arloji ini, jadi saya telah menguraikan pro dan kontra di sini:
Pro
• Desain sederhana namun fungsional
• Tampilan vintage yang terinspirasi oleh 60-an Seiko Divers
• Mahkota 4 jam
• Gerakan 7s26 Seiko yang luar biasa
• Sesuai ISO 6425
• Sejarah Menarik
• Sangat Kuat dan Tahan Lama
• Sangat cocok untuk tali NATO
Cons
• Bracelet nya tidak terlalu bagus
• Tidak ada fitur hand winding pada movement nya
• Akurasi tidak luar biasa
Sudah pasti aman untuk mengatakan bahwa kelebihannya jauh lebih besar daripada yang kontra, dan ini pasti yang akan saya rekomendasikan!
Watch Features:
Movement: Seiko 7S26 Automatic (self-winding)
Case: Brushed stainless steel, 43mm x 13mm thick.
Back: Engraved screw-in back
Crystal: Hardlex Mineral
Band: Strapcode Jubilee solid link bracelet, deployant clasp. 22mm.
Water Resistant: 200 meters

More Stories From Informasi Menarik