Go to ...

RSS Feed

Wednesday, October 16, 2019

Tali Jam tangan “Bund”


Banyak bahan tali jam tangan, ada yg dari logam, kulit, nylon atau bahan yang lain.
Yang dari kulit juga bermacam tipe antara lain tipe tali jam tangan kulit “Bund”, tali kulit yang tebal dan ada bantalan nya buat meletakkan jam diatas nya.
Angkatan udara Jerman lah sebenarnya yang pertama yang memperkenalkan dan mempopulerkan menggunakan jam tangan pilotnya di atas bantalan kulit tebal.Tudor_Ranger_01
Udara didalam Kokpit pesawat tempur dan pembom dapat bergantian merupakan tempat yang sangat dingin dan juga menjadi tempat yang sangat panas menjadikan casing jam tangan yang terbuat dari logam menjadi tidak enak dikenakan di pergelangan tangan dan juga tidak nyaman.
Selain itu, dalam kasus apabila ada api, tali kulit akan menjauhkan casing jam dari kulit, di mana panas yang ekstrem bisa melelehkan daging.
Penggunaan tali jam model ini secara masal oleh para pilot Bundesrepublik menjadikan tali jam ini dinamakan  – “Bund” – sejak saat itu.
Tali jam model ini juga digunakan oleh 3 bintang film ternama saat itu yaitu Steve McQueen dengan menggunakan Hanhart Chronograph seperti para pilot Jerman, lalu Robert Redford menggunakan jam Doxa Sub 300T Sharkhunter dalam film Three days of the Condors dan juga yang paling terkenal, Paul Newman dengan Daytona nya.
Jam saat inipun ada yang dari awal  menggunakan tali tipe ini seperti Tudor Heritage Ranger …

More Stories From Berita HoW