Go to ...

RSS Feed

Wednesday, October 16, 2019

Jam tahan air …


Mengapa jam tangan sebaiknya minimal harus tahan air hingga 3 ATM?
Jawaban singkatnya adalah:
Karena itu adalah syarat ketahanan minimal untuk jam tangan yang TIDAK dirancang untuk digunakan dalam situasi semacam ini, masuk kedalam air.
Jawaban yang lebih panjang sebagai berikut :
Sejak abad terakhir, orang telah mencoba menemukan cara untuk membuat jam tangan kedap air.
Perusahaan jam pertama yang berhasil memproduksi jam kedap air adalah Rolex, dengan Rolex Oyster nya pada tahun 1923: ini merupakan prestasi yang benar-benar menakjubkan, tetapi banyak orang kemudian tidak percaya hal itu bisa terjadi.
Rolex lalu menghubungi seorang perenang muda Inggris, Mercedes Gleitze, dan memberinya Rolex Oyster untuk dipakai selama berenang menyebrangi Selat Inggris, pada tahun 1927.20181028_093041000_iOSSetelah sepuluh jam berlalu, ternyata jam tangan itu tetap bekerja dengan sempurna – ini menunjukkan bahwa teknologi yg digunakan benar-benar terbukti tahan air.
Rolex lalu mengembangkan Submariner pada tahun 1954, jam yang tahan air hingga kedalaman 100 meter.
Untuk mengukur kedalaman maksimum tempat jam tangan bisa beroperasi tanpa rembesan atau kena bocoram air, itu dikembangkan pengukuran ATM. Setiap kedalaman aur 10 meter berarti sama dengan satu ATM.
Jadi, jam 3 ATM idealnya jam bisa bertahan jika ditempatkan dalam posisi STATIC hingga kedalaman 30 meter.
Tetapi pengukuran ini tidak memperhitungkan variasi perubahan tekanan air yang disebabkan oleh kejadian mendadak: seperti misalnya, menyelam ke dalam kolam.
Saat digunakan menyelam membuat jam Anda harus mempertahankan semacam kejutan, karena tekanannya bisa lebih tinggi daripada kedalaman nya.
Jadi, setiap gerakan tangan di mana air menimbulkan tekanan (seperti menyelam, atau bahkan, mandi) mungkin batasan 3 ATM tidak cukup dan air tetap bisa masuk dalam jam.20181028_093119000_iOSInilah sebabnya mengapa perusahaan jam biasanya telah menyiapkan grafik seperti diatas, untuk memberi tahu orang agar TIDAK begitu saja mempercayai ketahanan 3 ATM di jam tangan mereka dan langsung pergi menyelam di kolam.
Jam dengan ketahanan 3 ATM adalah tingkat minimal ketahanan air.
Ini hanya menahan percikan air biasa, seperti mencuci tangan, hujan, atau kegiatan yang melibatkan air seperti membersihkan mobil Anda.
Jadi hati hati dengan jam tangan anda bila mau dibawa berenang …
Itulah sebabnya Jam Diver biasanya harus minimum tahan air 200 m atau 20 ATM.

More Stories From Berita HoW