Go to ...

RSS Feed

Tuesday, October 23, 2018

Apa penyebabnya sehingga tidak tersedianya Rolex Stainless Stell di market?.


Faktanya, beberapa orang menanyakan pertanyaan yang sama akhir-akhir ini. Hampir selalu sama, semua terkait dengan ketersediaan model tertentu – atau kurangnya – jam tangan Sport Rolex.
Salah satu email berasal dari Stefan, seorang kolektor jam tangan dari Belanda yang mencari Rolex Submariner stainless stell.Rolex_4Di bawah ini diterjemahkan emailnya.
Hai tim,
Saya ingin membeli jam Rolex Submariner melalui dealer resmi lokal saya, tetapi ketika saya menanyakan ke staf penjualan, ia hanya tersenyum dan mengatakan kepada saya ini permintaan sangat tinggi sehingga tidak ada stok. Dan tidak ada daftar tunggu. Saya padahal melihat lebih dari 300 jam di antaranya ditawarkan di Chrono24, dan itu jam baru. Apa yang sedang terjadi? Apakah Anda bisa menjawab kenapa?
Stefan
Email lain agak serupa, salah satu contoh yang dari Prancis.
Selamat sore,
Tolong bantu! Saya ingin membeli Rolex GMT-Master Pepsi (model stainless stell baru, referensi 126710BLRO) tetapi tidak ada jam seperti itu yang tersedia di butik Rolex.
Meskipun pesan keduanya serupa, ada satu perbedaan besar.
Rolex GMT-Master II 126710BLRO adalah model baru yang diperkenalkan di Baselworld 2018. Diperlukan waktu cukup lama sebelum jam tangan ini dijual di dealer.
Bila Anda merupakan pelanggan yang baik dari dealer Rolex atau memiliki teman di situ, Anda mungkin dapat memperolehnya dengan harga normal. Namun jika tidak, mungkin Anda perlu waktu menunggu lebih lama atau membayar harga lebih mahal kepada salah satu Grey Market diluar AD yang mungkin bisa mendapatkannya.
Sedangkan Rolex stainless stell hampir sama seperti BMW seri 3. Kita umumnya dapat menemukan jam ini di mana-mana. Submariners adalah model yang sangat umum di mana pun Kita berada.
Apa yang sebenarnya terjadi? Mengapa jam tangan model ini tiba-tiba menjadi begitu langka?.
Tidak hanya model lama, model baru Submariner, GMT-Master atau Daytona yang stainless steel juga sama sekali tidak tersedia di dealer resmi Rolex (AD).
Ketika ditanyakan ke Rolex tentang hal ini saat pameran di Baselworld, mereka hanya mengatakan bahwa jam tangan ini sangat laris dan mereka sadar ada masalah dengan stock nya.
Untuk model Daytona misalnya, hal ini selalu terjadi sejak 1990-an.
Ketika Yachtmaster stainless stell dan platinum dikeluarkan pada tahun 1999, barangnya juga tidak bisa didapat di market resmi untuk waktu yang cukup lama.
Kadang-kadang kekosongan produk hanya dalam waktu yang singkat seperti Rolex Milgauss yang diperkenalkan kembali pada tahun 2008. Harga saat itu melonjak sesaat untuk jam ini, tetapi sekarang sudah dapat kita temukan dengan mudah.
Jam tangan yang dengan casing Gold atau dual warna penuh tidak benar-benar menjadi masalah.
Angka Produksi cukup Tinggi.
Rolex sebenarnya menghasilkan jumlah jam tangan yang cukup banyak per tahun. Tidak ada orang di luar Rolex yang tahu jumlah pastinya, tetapi perkiraan nya antara 800.000 sampai 950.000 jam tangan per tahun.
Tetapi angka ini ‘dinamis’, yang berarti dapat naik dan turun tergantung pada situasi ekonomi dunia.
Melihat pengalaman dan situasi pasar rasanya susah dimengerti kalau Rolex tidak dapat memenuhi permintaan untuk model stainless stell seperti Submariner dan GMT-Master.
Sebenarnya ini adalah masalah kapasitas perencanaan dan meningkatkan kapasitas produksi untuk model-model tersebut, sederhana.
Jam Rolex bukanlah seperti A. Lange & Söhne (atau jam tangan haute horlogerie lain), yang membutuhkan banyak proses rumit dan banyak penyelesaian secara manual.
Kuat dugaan bahwa Rolex memang sengaja hanya mengirimkan dalam jumlah yang sangat terbatas ke dealer mereka, sebagai suatu cara untuk melawan grey market.
Dalam beberapa tahun terakhir, Rolex telah memberitahu kepada dealer resmi mereka tentang cara mencegah penjualan ke dealer tidak resmi dan spekulan (Grey Area).
Menghilangkan Grey Market dengan tidak mengirimkan jam tangan ke dealer resmi mungkin saja merupakan solusi.
Tapi seperti mengorganisir pemogokan, Kita juga menyakiti orang yang tidak bersalah dengan tindakan ini.
Pelanggan setia yang masuk ke dealer resmi Rolex, mendapatkan kata ‘Tidak ada persediaan” jika mereka menanyakan tentang GMT-Master, Submariner, atau Daytona.
Apakah itu membuat jam tersebut, bahkan lebih diinginkan lagi daripada yang ada dan tersedia?.
Situasi yang sekarang terjadi adalah bahwa beberapa model yang paling dicari, seperti Rolex GMT-Master Pepsi yang baru atau bahkan “Root Beer 2.0” sekarang ditawarkan oleh dealer yang tidak resmi dengan harga yang jauh lebih mahal dari harga resmi nya.
Skenario terburuk bagi Rolex, pelanggan akan berpaling dari Rolex, bisa ke Tudor yang memiliki beberapa alternatif menarik, seperti Black Bay GMT walau ini mungkin tidak akan memuaskan mereka yang mencari Rolex.
Bagaimana jika mereka masuk ke dealer IWC, Breitling, Hublot, AP, atau Omega di sisi lain jalan?, dengan diskon yang mungkin tersedia.
Misteri
Pada akhirnya, itu masih menjadi misteri mengapa jam tangan Rolex model tertentu tidak tersedia.
Hal yang cukup aneh bagi Perusahaan yang memproduksi banyak jam tangan per tahun, dengan movement dan hampir semua nya in-house.
Susah untuk percaya bahwa permintaan terlalu tinggi karena hal ini telah berlangsung cukup lama, juga rasanya bukan hal yang tepat kalau dikatakan bahwa ini adalah jawaban Rolex terhadap Grey Market.
Rolex membuat produk jam yang hebat, jam tangan yang sangat andal dan menarik, diharapkan kedepannya mereka dapat memperbaiki masalah stock barang untuk memenuhi permintaan pasar.

More Stories From Berita HoW