Go to ...

RSS Feed

Sunday, August 19, 2018

Beda Pameran jam Baselworld dan SIHH


Setiap tahun, biasanya ada dua pameran jam besar yang diadakan di Swiss.
Satu di Basel dan yang lainnya di Jenewa. Pameran jam tangan ini – sejauh ini – merupkan pameran jam tangan terbesar di dunia dan menarik ribuan jurnalis, pengecer, klien, kolektor dan lainnya ke kedua kota ini.
Baselworld adalah acara pameran jam yang pertama di Swiss. Meskipun pada awalnya menggunakan nama yang berbeda (Schweizer Mustermesse Basel), pameran pertama diadakan pada tahun 1917.
Walau dengan nama yang berbeda selama beberapa dekade, tetapi acara pameran ini adalah tempat untuk sebuah merek jam menjadi sebagai merek yang terkenal dan pameran nya juga sebagai industri profesional.
Detail yang menarik adalah tidak sampai tahun 1986 bahwa peserta pameran non-Swiss dapat bergabung dengan adil.
Hari ini, merek dari berbagai negara bisa ikut hadir di Baselworld dan ini adalah kesempatan bagi dealer dan rekanan untuk melihat semua hal baru tentang jam untuk tahun mendatang.
Pada tahun 2015, ada 1.500 merek ikut pameran dan lebih dari 150.000 pengunjung dari 100 negara.
Umumnya Pameran diadakan pada bulan Maret setiap tahun.
Pameran jam penting lainnya adalah SIHH, “Salon Internationale de la Haute Horlogerie”.
Pameran ini dimulai pada tahun 1991 oleh Baume & Mercier, Cartier, Piaget, Gerald Genta, dan Daniel Roth.
Selama tahun-tahun pertama, ada beberapa pergeseran dalam memamerkan merek, tetapi pada tahun 2002 SIHH terutama merupakan pameran Grup Richemont dengan beberapa merek independen (seperti Audemars Piguet). Pada SIHH 2016, ada 24 merek secara total.
Sejumlah merek independen (MB & F, Urwerk, H.Moser & Cie dll.) memutuskan untuk bergabung dengan pameran di Jenewa.
Tahun 2015, SIHH menarik 14.500 pengunjung dari seluruh dunia biasanya diadakan pada bulan Januari setiap tahun.
Tidak hanya jumlah merek pameran yang berbeda dari Baselworld dan SIHH, ada beberapa perbedaan lagi untuk menjelaskan antara dua pameran jam tangan terbesar ini.
Apabila Baselworld terbuka untuk umum juga, SIHH hanya berfokus pada dealer/agen dan wartawan.
Ada yang memeritakan bahwa beberapa merek yang memamerkan produknya di SIHH diperbolehkan untuk membawa beberapa pelanggan VVIP dan brand ambassador (selebritis) mereka yang paling top atau yg ditonjolkan.
Setiap tahun, merek seperti IWC berhasil menampilkan bintang seperti Kevin Spacey dan model seperti Adriana Lima ke stan dan pesta koktail mereka.
Singkatnya, Kita bisa mengatakan bahwa merek dari Group Richemont dan beberapa merek independen seperti Audemars Piguet, Richard Mille, dan H. Moser & Cie memilih ikut pameran di SIHH sementara itu merek seperti Rolex, Patek Philippe, merek dari Swatch Group, merek group LVMH, Breitling, dan lainnya melakukan pameran di Baselworld.
Untuk orang pribadi (atau penggemar jam yang tidak terlibat secara profesional dalam industri) hampir tidak mungkin untuk masuk ke SIHH.
Namun, Baselworld terbuka untuk umum dan hanya dikenakan biaya tiket masuk. Perlu diingat bahwa sebagian besar merek hanya mau ditemui dengan janji terlebih dahulu (pengecer dan pers) sehingga ada sejumlah merek tidak dapat ditemui.
Namun tetap itu adalah pengalaman yang fantastis untuk berada di sana dan mengalami dinamika dunia jam tangan. Semua hal baru dan peluncuran produk akan ditampilkan di stan, jadi meskipun Kita tidak memiliki janji bertemu, kita tetap bisa melihatnya di stan mereka.
Jika Anda ingin menjadi yang pertama melihat model baru Rolex, atau mencari merek independen yang baru dan masih kecil, atau ingin bertemu Jean-Claude Biver berbicara dengan para tamu tentang jam tangan TAG Heuer Connected misalnya, mengunjungi Baselworld mungkin akan menjadi hal yang tepat.
Tetapi jika Anda lebih tertarik pada merek yang dipamerkan di SIHH, Anda sangat sulit untuk bisa masuk, kecuali Anda adalah kolektor yang sangat dihargai dari salah satu merek yang memamerkan produknya disana.
Tiket masuk sangat terbatas.
Sebagian besar merek jam tetap akan menunjukkan dan memamerkan produk baru (setelah SIHH dan Baselworld) di pameran yang lebih kecil seperti Belles Montres, MunichTime, SalonQP, dan sebagainya.
Beberapa merek juga memiliki roadshow khas mereka sendiri di beberapa butik dan dealer mereka, tetapi tentu saja ini hanya dilakukan merek tertentu saja.

More Stories From Berita HoW