Go to ...

RSS Feed

Sunday, August 19, 2018

Awal mulainya Pameran jam SIHH


Pada tahun 1991, Richemont Group memulai sebuah Pameran Jam di Jenewa untuk menyaingi Basel Fair.
Pameran itu dinamakan SIHH (Salon Internasional de la Haute Horlogèrie), hasil dari perseteruan yang berlangsung lama antara CEO Cartier, Perrin dan Basel Fair.
Perrin merasa bahwa suasana kota dan suasana yang suram di Basel tidak cocok untuk merek Jam mewah memamerkan produk baru dan menjadi tuan rumah bagi para klien ritelnya.
Setelah bertahun-tahun mengkritik Basel, ia meluncurkan acaranya sendiri.
Awalnya dia mendapat sedikit dukungan dari merek jam Swiss. Pameran pertama diikuti oleh lima peserta : tiga merek Grup Richemont (Cartier, Piaget, dan Baume & Mercier – pada saat itu), Gérald Genta, dan Daniel Roth.Alain_Dominique_PerrinTidak masalah: Perrin ingin memberi pelajaran bahwa, suka atau tidak suka, mereka sekarang di industri jam mewah.
Sebelum kedatangan teknologi qurtz, jam tangan mekanik tersedia di setiap level harga. Tetapi dengan adanya jam quartz, karena kebutuhan, maka mereka telah menjadi barang mewah.
“Kami berbicara tentang haute couture dan haute joiallerie,” kata Perrin pada tahun 1994. “Saya pikir itu wajar bagi merek-merek mewah untuk memakai label yang saya sebut ‘haute horlogèrie.’ Ini adalah jam tangan impian yang dimiliki oleh dunia yang bukan di Basel, tapi entah di Paris atau Jenewa. Ke mana pun Anda pergi di dunia, jika Anda bertanya ‘Apa jam terbaik di dunia?’ Mereka akan memberi tahu Anda ‘Swiss.’ Dan ketika Anda bertanya ‘Di mana jam itu dibuat?’ Mereka akan menjawab ‘Jenewa.’ Patek Philippe, Vacheron Constantin , Cartier, Rolex, merek tersebut memberi lebih dari sekedar kualitas. Merek itu memberi status, pesona, sihir! ”Itu membutuhkan suatu pendekatan baru untuk bisnis jam mekanis, kata Perrin.
Produsen jam Swiss perlu memperbarui mentalitas industri mereka yang sudah ketinggalan zaman tentang produk mereka. Haute horlogèrie berarti pendekatan yang lebih mewah untuk segalanya: klien grosir dan eceran, pemasaran, merchandising, desain etc.
“Mereka harus melakukannya,” kata Perrin. “Suatu hari mereka harus menunjukkan perbedaan antara sepasang sepatu Nike dan sepasang sepatu Hermès. Kami adalah yang pertama menunjukkan bahwa ada bisnis mewah di industri jam tangan. Dan saya tahu masa depan akan menunjukkan bahwa kami benar.”
Pendekatan baru itu, pada kenyataannya, menyebabkan pertumbuhan besar dalam penjualan jam kelas atas.
Dan masuk ke fenomena baru : Timbulnya kelompok-kelompok jam tangan mewah yang besar.

More Stories From Berita HoW