Go to ...

RSS Feed

Sunday, August 19, 2018

Jam tangan LEICA.


Selama ini kita mengenal Leica adalah pembuat kamera yang terkenal dan handal, agak mengagetkan mengetahui mereka ternyata juga masuk ke bisnis jam tangan. Untuk awal Leica merilis sepasang jam tangan yang dirancang sendiri semua, L1 dengan tanggal, serta L2 yang dilengkapi GMT.
Leica telah melakukan pekerjaan rumahnya dengan sangat baik dan jam tangan ini jauh lebih dari sekadar jam yang bermerek dengan logo yang dihormati.
Awal mula proyek ini ke sekitar tahun 2012, ketika, menurut Dr. Andreas Kaufmann, Chairman Leica Camera, pertama kali mulai muncul gagasan membuat jam tangan.Leica-15Proyek ini mengalami banyak tantangan dan setelah berbicara dengan para ahli di berbagai merek mulai dari Hanhart, Chronoswiss hingga A. Lange & Söhne, mereka mulai merasakan betapa ambisiusnya usaha ini dan orang yang serius perlu dilibatkan untuk membawa plan ini terwujut.
Dari segi desain, Leica bekerja sama dengan Achim Heine, perancang produk Jerman yang telah mengembangkan desain beberapa kamera dan perangkat optik lainnya untuk Leica selama dua dekade terakhir.
Mereka mengambil inspirasi dari kamera Leica. Misalnya, ada ruby bundar di setiap crown jam tangan, menampilkan logo titik merah yang terkenal, dan indikator Power Reserve seperti alat ukur yang dipasang pada meteran cahaya Leicameter yang dibuat untuk kamera M3.
Jam tangan L1 dan L2 keduanya sama-sama berukuran diameter 41mm dan tebal 14mm, dan casing dari baja tahan karat, memberi penampilan yang relatif bersahaja.
Bagaimana dengan movement nya?.Leica-13Leica ini bermitra dengan Lehmann Präzision, sebuah perusahaan yang berbasis di Black Forest yang membuat kedua mesin berpresisi tinggi dan digunakan dalam jajaran jam tangannya sendiri dengan nama Lehmann Schramberg, meskipun merek ini tidak terlalu dikenal di luar Jerman.
Hal ini memungkinkan Leica untuk mempertahankan manufaktur di Jerman dan untuk menonjolkan movement yang bukan sekedar menggunakan movement yg sudah dikenal seperti Sellita dsb.
Poin terakhir ini adalah sesuatu yang sangat ditekankan oleh Leica.
Sementara movement dibuat oleh Lehmann, finishing, casing, dan perakitan akhir dilakukan di Ernst Leitz Werkstätten Leitz Park di Wetzlar, Jerman (persis di sebelah pabrik Leica).
Leica tidak memiliki atau belum ada niat untuk mendirikan perakitan jam penuh dan melihat kemungkinan kemitraan dengan Lehmann sebagai strategi jangka panjang.
Pada tahun 2014, Leica ini bekerja sama dengan Valbray membuat jam edisi terbatas untuk merayakan ulang tahun ke-100 Leica.
Namun jam tersebut tidak dirancang atau dibuat oleh Leica dan dipesan hanya untuk memperingati ulang tahun saja.
Spesifikasi: Leica Model: L1 & L2
Diameter: 41mm
Ketebalan: 14mm
Casing: Stainless steel
Warna Dial: Hitam atau merah
Tahan Air: 50 meter
Leica sendiri sedang mencari sertifikasi chronometer, tetapi belum memutuskan apakah akan dilakukan di Jerman atau Swiss.
Jam L1 dan L2 hanyalah awal dari kategori produk terbaru Leica.
Jam Leica L1 baru akan ada akhir tahun ini di 10 butik Leica di seluruh dunia, bukan merupakan Edisi terbatas tetapi produksi akan dibatasi hanya sekitar 400 jam saja untuk tahun pertama.

More Stories From Ulasan Singkat