Go to ...

RSS Feed

Sunday, August 19, 2018

Omega vs Rolex, mana yang dipilih ?


Rolex dan Omega keduanya memiliki beberapa kesamaan sebagai jam tangan ikon
• Kedua merek ini diakui sebagai merek jam tangan mewah Swiss
• Omega dan Rolex kaya pengalaman dalam pembuatan jam
• Kedua merek ini telah melakukan banyak inovasi horologis selama bertahun-tahun
• Kedua merek memiliki jam tangan yang dipakai oleh James Bond di berbagai film 007
• Rolex dan Omega menghasilkan beberapa jam tangan mekanik paling akurat
• Kedua merek memiliki jam tangan yang menjalani pengujian lebih lanjut setelah menerima sertifikasi COSC
• Kedua merek telah bisa mengatasi gangguan elektromagnetik dengan berbagai inovasi
Nilai Jual Kembali
Sesuatu yang perlu dipertimbangkan ketika Anda membeli jam mahal adalah bagaimana nilai jualnya apabila suatu saat akan dijual misal untuk naik kelas ke jam diatasnya.
Ini adalah area di mana Rolex unggul dibandingkan Omega dan setiap merek jam lainnya.
Ketika menyangkut nilai jual kembali, Rolex merupakan merek jam tangan mewah dengan nilai jual tertinggi di dunia.
Walau sebenarnya nilai jual kembali Omega tidak jelek juga sih.
Jam tangan Omega terbaik dapat memperoleh nilai penjualan kembali rata-rata yang lebih tinggi daripada jam Rolex yang terbawah, tetapi memang merek Rolex masih mendominasi pasar pre-owned/jam second dan rata-rata jam tangan mereka memiliki nilai terbaik.
Jadi kalau untuk dijual kembali, mana Rolex atau Omega yang lebih baik? Rolex adalah yang terbaik untuk nilai jual kembali rata-rata tanpa pengecualian juga kalau dibanding merek jam manapun tetap Rolex lebih unggul.
Popularitas Merek
Menurut Interbrand, agensi yang mengukur popularitas merek dan nilai merek untuk merek jam Swiss teratas. Rolex adalah merek jam tangan paling dikenal di dunia.
Mereka memiliki pengakuan merek internasional 100%. Omega adalah yang kedua dengan nilai 70%, yang terlihat seperti perbedaan besar tetapi merupakan pencapaian yang luar biasa untuk merek Omega.
Ketepatan
Seberapa baik jam tangan Omega? Seberapa baik jam tangan Rolex? Kedua merek telah melampaui apa yang dianggap sebagai standar jam yang baik untuk memberikan nilai jam yang sangat tepat dengan standar tertinggi dan beberapa standar lainnya.
Seperti kita ketahui, beberapa jam tangan paling akurat memiliki sertifikat dari lab pengujian pihak ketiga yang disebut COSC yang merupakan singkatan dari ‘Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres’. Mereka mendapatkan sertifikt ‘chronometer’ untuk akurasi jam merek mereka.
Jadi, ketika menyangkut ketepatan, mana yang lebih baik Omega atau Rolex? Dalam hal akurasi keseluruhan, Omega menang, karena mereka tidak hanya membuat jam tangan mekanis tetapi juga beberapa jam kuarsa. Jam tangan kuarsa, seperti yang kita semua ketahui, lebih akurat daripada rekan mekanik mereka.
Rolex, di sisi lain, tidak memproduksi jam tangan kuarsa lagi. Mereka pernah membuatnya beberapa waktu lalu tetapi mereka kemudian memfokuskan kembali produk mereka hanya pada pembuatan jam tangan mekanis.
Tahan air
Kedua pembuat jam ini menghasilkan beberapa jam tangan penyelam yang sangat baik yang menawarkan daya tahan terhadap tekanan air yang besar.
Jam Omega yang paling unggul dalam hal ini adalah Seamaster ProProf 1200m yang memiliki ketahanan diekdalaman air sampai 1.200 meter/4.000 kaki. Jam lain dari Omega ini termasuk Seamaster Planet Ocean dan Omega Seamaster Professional Diver 300M, semuanya memiliki katup pelepas helium.
Namun, Rolex tampaknya bisa dibawa lebih dalam lagi, atau tepatnya 2,7 kilometer dengan seri Rolex Deepsea yang memiliki ketahanan air hingga 3.900 meter/12.800 kaki.
Siapa yang membuat jam tangan penyelam yang lebih baik?
Fitur yang paling mengesankan dari Rolex Deepsea adalah perbedaan dalam Ketahanan Air dibandingkan dengan Omega Seamaster ProProf 1200m.
Sementara peselam serius biasanya menstandarkan minimum 1.650 kaki, Rolex Deepsea memiliki ketahanan lebih dari dua belas ribu kaki.
Ketahanan Elektromagnetik
Setiap perangkat elektronik pasti memancarkan frekuensi-frekuensi elektromagnetik dan ini akan mengganggu power reserve dan mengacaukan akurasi jam tangan mekanis. Merupakan satu masalah bagi pembuat jam yang berusaha untuk menjaga produknya seakurat mungkin dalam setiap keadaan.
Baik Rolex dan Omega membuat jam tangan anti magnetis. Rolex memiliki Milgauss dan Omega memiliki Seamaster Aqua Terra Master Co-Axial.
Mereka masing-masing menggunakan pendekatan yang berbeda tetapi merek mana yang lebih baik?, pembahasannya akan terpisah.
Perbedaan harga
Di entry-level, Rolex memiliki harga yang lebih tinggi daripada jam Omega. Bahkan, jam Rolex termurah adalah sekitar dua kali lipat harga Omega paling terjangkau.
Namun, terlihat bahwa Omega telah naik dan naik selama beberapa dekade terakhir, dan perbedaan harga keduanya semakin tipis.
Mana yang lebih baik, semua kembali pada pilihan anda … apa yang terbaik menurut anda nah itulah jam yang terbaik …. Jangan tergantung dengan pendapat orang lain karena kita sendiri yang akan menggunakannya …

More Stories From Informasi Menarik