Go to ...

RSS Feed

Monday, August 20, 2018

Nomos Club Datum


Jam tangan Nomos Glashutte (Nomos) adalah brand yang sedang banyak dibicarakan orang. Produsen jam tangan asal German yang terbilang masih baru ini mendapatkan banyak ulasan positif dari para pecinta horology dunia. Nama Nomos Glashutte, seringkali dibandingkan dengan brand ternama sekelas Patek Philippe, Vacheron Constantin dan A. Lange & Söhne. Jadi, apa yang sih spesial dari Jam tangan Nomos Glashutte?
Desa Glashutte yang terletak di German memiliki lokasi yang sangat terpencil. Desa itu tidak memiliki obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi, tetapi terkenal hingga ke penjuru dunia. Desa ini seringkali dijuluki “the new Geneva”, pusat pembuatan jam tangan yang paling tersohor di German sejak tahun 1845, daerah yang terkenal atas kualitas produk jam tangan yang mereka hasilkan.Nomos_Club_1 Nomos_Club_2 Nomos_Club_3 Nomos_Club_4 Nomos_Club_5 Nomos_Club_6 Nomos_Club_7 Nomos_Club_8
Serupa dengan branding “Swiss made”, setiap produsen jam tangan yang ingin mencantumkan nama Glashutte pada produk mereka harus mengikuti persyaratan yang ketat. Mereka harus memproduksi paling tidak 50% dari komponen jam tangan di desa itu.
Setahu saya, saat ini ada dua brand lainnya yang mencantumkan nama Glashutte pada produk mereka, yang pertama adalah brand Glashutte Original (bagian dari Swatch group), dan yang kedua adalah brand yang sudah sangat terkenal, yaitu A. Lange & Söhne.
Nomos memproduksi 95% dari setiap movement yang mereka hasilkan di desa Glashutte, perusahaan ini kini mempekerjakan kurang lebih 170 karyawan dan sudah mulai beroperasi dari tahun 1990.
Perusahaan yang bisa dibilang masih muda ini mengadopsi desain yang sangat sederhana dan pure, awalnya mereka fokus dalam menciptakan jam tangan mekanik, khususnya jam tangan dengan movement manual-winding.
Designer jam tangan Nomos Glashutte, Susan Günther, terbukti mampu menarik perhatian banyak orang dan memenangkan banyak penghargaan bergengsi. Sebelum tahun 2005, hampir semua jam tangan Nomos menggunakan movement ETA SA / Peseux 7001 buatan Swiss.
Setelah itu, Nomos mulai mengembangkan in-house movement mereka sendiri. Movement pertama mereka adalah “α” (Alpha), sebuah movement manual winding dengan ketebalan 2,6 mm dan fungsi power reserve 43 jam.
Salah satu hal yang membuat Nomos tersohor di dunia horology adalah kemampuan mereka dalam menciptakan in-house movement. Beberapa movement yang telah berhasil mereka ciptakan adalah β (Beta), manual winding movement dengan indikator tanggal, dan δ (Delta), manual winding movement dengan indikator tanggal dan power reserve.
Beberapa movement otomatis dengan fungsi kompleks juga berhasil mereka ciptakan. Movement otomatis seperti ζ (Zeta) dan ξ (Xi) memiliki fungsi world timers yang sangat kompleks.
Nah lalu bagaimana dengan harganya? Jam Tangan Nomos Glashutte ditawarkan dengan rentang harga antara 1.500 USD hingga 5.500 USD.
Harga tadi benar-benar menawarkan value for money dan sangat terjangkau, apalagi jika dibandingkan dengan brand lainnya yang memproduksi in-house movement mereka sendiri.

DESCRIPTION
For club goers and literature lovers alike: The model Club, here a tick larger and more masculine than the original version, equipped with the movement DUW 4101 and a patented date mechanism. This watch is casual, relaxed, sleek—and all sportiness aside, a little poetic as well. Without doubt, it’s a watch that is excellent value-for-money.

DETAILS
Reference: 715
Winding: manual
Dimensions: diameter 38.5 mm; height 8.25 mm
Case: stainless steel, bipartite; sapphire crystal glass; screwed stainless steel back
Weight: 58 g
Dial: galvanized, white silver-plated
Hands: black, with red inlay
Water resistance: 10 atm (suitable for swimming)
Power reserve: up to 42 hours
Strap: Horween Genuine Shell Cordovan brown, red brown stitches, size M
Lug width: 20 mm

MOVEMENT
NOMOS caliber DUW 4101 – The movement DUW 4101 is an in-house built caliber featuring the NOMOS swing system. Some of the technical features: manual winding, patented date window, tempered blue balance spring, Glashütte three-quarter plate (individually numbered), 23 jewels (rubies). Fine adjustment in six positions, according to chronometer standards.

More Stories From 1 - Mechanical Watches