Go to ...

RSS Feed

Monday, August 20, 2018

Tudor Black Bay Chrono … jam yang cantik


Sudah lama saya tidak menulis mengenai jam tangan yg merupakan salah satu hobby saya, kali ini saya tergelitik mencoba membahas salah satu unggulan Tudor saat Basselworld 2017 yaitu Tudor Black Bay Bronze.
Ada satu keunikan tersendiri kalau kita cukup banyak tahu model jam dan movement atau mesin jam tersebut yaitu di model ini Tudor menggabungkan 3 DNA dari 3 jam/merek jam berbeda didalam satu produk.Tudor_BB_Chrono_8
Pertama kalau kita lihat dial nya maka langsung terbayang bahwa ini sama dengan model bracelet Daytona nya Rolex .. ini wajar karena Tudor merupakan sister company nya Rolex, yang berbeda adalah apabila Daytona itu lebih kearah jam untuk pembalap … awalnya dibalapan mobil Daytona di Amerika, nah Tudor justru menempatkan dalam keluarga Black Bay yang lebih banyak mengarah sebagai jam diver, untuk menyelam …
Terbukti dengan tulisan 200 m berwarna “merah” diatas penunjuk jam 6.
Kedua, jam ini menggunakan mesin/movement chrono dari Breitling B01, salah satu best chrono movement… sejauh ini walau Tudor sudah membuat inhouse movement tetapi belum yg type Chrono.
Kerjasama dengan engineer Breitling, Tudor memodifikasi B01 dengan menggunakan Silicon Balance Spring dan beberapa pergantian lain serta 45 menit waktu untuk Chrono dibandingkan 30 menit di Jam Breitling sendiri. Movement ini diberinama MT5813 oleh Tudor.
Ketiga, darah Black Bay dimunculkan dengan menggunakan design Snowflake untuk menunjukan angka, ini betul betul gayanya type Tudor Black Bay…
Dengan diameter 41mm, jam ini masuk dalan kategori ukuran yang banyak dipakai saat ini.
Ada satu hal yang juga menjadi pertanyaan, kenapa model ini tidak dijadikan sekelompok dengan Tudor Vintage Chrono tetapi malah dimasukkan ke keluarga Black Bay… mungkin kedepannya Tudor ingin lebih mengangkat lagi seri/model Black Bay menjadi model andalannya.
Bagi anda penghobby jam tangan, model ini sangat menarik walau sebagian orang bilang agak aneh karena anda seakan menggunakan jam Chrono yg punya “Three in One DNA” dalam bentuk satu jam tangan … Rolex Daytona, Movement B01 Breitling dan model Tudor Black Bay ..

More Stories From Tudor