Go to ...

RSS Feed

Saturday, April 21, 2018

Awal muasal jam tangan …


Jam tangan pertama menurut sejarah dibuat pada tahun 1812, atas permintaan seorang Ratu di Napoli, tetapi itu lebih sebagai perhiasan buat Ratu bukan menonjolkan jam nya. sebelumnya pernah diperkenalkan pada tahun 1570-an namun tidak diketahui bagaimana bentuknya.
Jam tangan saat itu umumnya dipakai oleh wanita karena jam nya masih belum mendukung aktivitas kaum pria dan cenderung gampang rusak, itulah sebabnya para pria biasanya mengenakan jam tangan saku.
Jam tangan menjadi lebih populer terlebih dahulu dikalangan pria di militer.
Pada tahun 1880, Constant Girard, Girard-Perregaux, memproduksi dua ribu jam tangan untuk Angkatan Laut Jerman.
Penerbang Brasil Alberto Santos-Dumont juga mencari arloji yang memungkinkan dia tetap memegang kedua kendali saat mengatur penerbangan. Dia membicarakan hal ini pada teman baiknya Louis Cartier untuk menemukan sebuah alternatif.Dumont-1910-1
Cartier dan pembuat jam tangannya, Edmond Jaeger, mengembangkan arloji Santos, yang lalu dipopulerkan oleh Santos-Dumont yang mengenakan ditangannya selama penerbangannya.
Saat Perang Dunia Pertama, jam saku yang dipakai tentara lebih banyak menyusahkan bila ingin melihat waktu karena kedua tangan mereka digunakan membawa peralatan perang dan susah mengeluarkan jam saku dari kantong mereka.
Agar tangan mereka tetap bebas beraksii, mereka diberi jam tangan yang disebut “jam tangan parit.” Dinamakan demikian karena tentara saat itu biasa menggali parit buat perlindungan mereka dan kedua tangannya pasti digunakan untuk pekerjaan itu.
Jam tangan awal ini dibuat dengan movement jam tangan saku, beberapa merek awal meletakkan Crownnya pada ‪pukul 12‬, sementara yang lainnya memindahkannya ke ‪jam 3‬.
Jam ini umumnya menggunakan tali kulit. Jam tangan kemudian menjadi bagian dari peralatan prajurit dimedan perang.
Para prajurit ini diminta untuk memiliki jam tangan, yang juga harus dibeli sendiri, tidak dipasok oleh militer.
Akibat nya ada banyak iklan jam tangan yang muncul dan mempopulerkan jam tangan ke khalayak umum dan jam tangan mulai mendapat peminat yang besar dari kalangan awam sejak saat itu walau tadinya iklan itu sebenarnya lebih ditujukan untuk para prajurit tentara.

More Stories From Ulasan Singkat