Go to ...

RSS Feed

Monday, December 10, 2018

Seiko, bisnis jam yang menggurita .


Seiko sudah berkiprah cukup lama didunia horology atau jam, dimulai dengan membuka toko pada tahun 1881 dengan nama K. Hattori, nama pendirinya dan mulai menggunakan nama Seiko sejak tahun 1924 di dial jam nya.
Saat ini bisnis Seiko group juga mencakup bidang aparel, pembuatan lensa, elektronik dan beberapa bisnis lain selain jam tangan.
Ada 3 bagian yang berperan dalam pembuatan jam Seiko yaitu …
SII atau Seiko Instruments Inc berlokasi di Jepang.
TMI aka Time Module Inc berlokasi di Hong Kong
Seiko Epson Corp berlokasi di Jepang.
Seiko Watch Corp., anak perusahaan Seiko Holdings Corp., bertugas memasarkan jam tangan SEIKO sementara Seiko Instruments Inc. (awalnya bernama Diani Seikosha) dan Seiko Epson Corp (awalnya bernama Showa Seikosha). memproduksi movement nya.
Time Module (TMI), member dari Seiko Group, didirikan pada tahun 1987 dengan dana dari Seiko Watch Company, Seiko Instruments Inc., dan Seiko Epson Corp. untuk juga memproduksi movement jam mereka.Seiko_Superior_4Pada tanggal 26 Januari 2009, Seiko Holdings dan Seiko Instruments mengumumkan bahwa kedua perusahaan tersebut akan digabungkan pada tanggal 1 Oktober 2009 melalui pertukaran saham.
Seiko Instruments menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Seiko Holdings pada tanggal 1 Oktober 2009. ”
“Time Module (H.K.) Ltd. didirikan pada tahun 1987 dengan dana awal dari Seiko Corporation, Seiko Instruments Inc. dan Seiko Epson Corporation.
Mulai tanggal 1 Desember 2015, Time Module (H.K.) Ltd. dimiliki sepenuhnya oleh Seiko Holdings Group, dan didedikasikan untuk menawarkan movement berkualitas tinggi yang diproduksi oleh Seiko Instruments Inc .. “Credor_3
Tidak semua movement Seiko dibuat di Jepang. Seiko membuat movement di Jepang, Malaysia, dan Singapura.
Mereka juga memproduksi komponen jam tangan dan komponen di China, yang kemudian merakit menjadi movement jam di lokasi yang disebutkan di atas.
Ada juga beberapa tipe jam tangan Seiko yang umumnya kelas atas seluruhnya dibuat di Jepang.
Jam tangan Seiko awalnya diproduksi oleh dua anak perusahaan yang berbeda.
Yang pertama adalah Diani Seikosha Co, (kemudian dikenal sebagai Seiko Instruments Inc.), dan yang lainnya adalah Suwa Seikosha Co. (dikenal sebagai Seiko Epson Corporation).
Memiliki dua perusahaan yang sama-sama memproduksi merek yang sama memungkinkan Seiko meningkatkan teknologi melalui kompetisi antar mereka.
Juga mengurangi risiko masalah kapasitas produksi, karena satu perusahaan dapat membantu meningkatkan produksi bila terjadi kebutuhan produksi tambahan di pihak lain yang melebihi kapasitas produksinya.
Saat ini movement jam Seiko dibuat di Shizukuishi, Iwate (SII Morioka Seiko Instruments), Ninohe, Iwate (SII Ninohe Tokei Kogyo), Shiojiri, Nagano (Seiko Epson) dan juga di anak perusahaan mereka di China, Malaysia dan Singapura.
Sistem produksi in-house yang terintegrasi sepenuhnya masih dilakukan di Jepang untuk jam tangan kelas atasnya. ”
Untuk mengatisipasi masalah mahalnya ketenagakerjaan di Jepang, produk mereka pada umumnya diperbolehkan dicap dengan Made in Japan jika diproduksi di luar Jepang selama itu diproduksi di perusahaan yang sepenuhnya dimiliki perusahaan induk di Jepang dan semua pekerjaan diawasi oleh warga negara Jepang.
Secara umum, jam tangan di bawah harga sekitar 90000 yen (saat ini $ 838 dolar AS) tidak bisa menghasilkan keuntungan yang cukup bila dibuat di Jepang.
Ini bukan hanya untuk Seiko, tapi untuk semua produsen besar Jepang.
Jam tangan yang harganya kira-kira dari 90000 sampai 250000 yen (saat ini $ 838 sampai 2328 dolar AS) sering perakitan akhirnya dilakukan di Jepang dan jam tangan yang harganya lebih tinggi lagi biasanya dirakit sepenuhnya di Jepang.
Banyak movement produksi Seiko yang juga digunakan merek lain seperti Cal NH35 yang digunakan Poljot dari Rusia … atau juga desain nya digunakan perusahaan lain seperti Tag Heuer yang menggunakan desain dari Seiko untuk Cal 1887 nya.
Merek jam yang dihasilkan oleh Seiko Group antara lain …
Seiko, Grand Seiko, Credor, Pulsar, Lorus, Alba, Orient…

More Stories From Ulasan Singkat