Go to ...

RSS Feed

Monday, August 20, 2018

Tag Heuer Caliber 1887


Saat di perkenalkan ke umum sekitar 7 tahun lalu, Tag Heuer dengan bangga menyatakan Cal 1887 adalah Chrono In-house mereka.
Grand Carrera Cal 1887 memang jam yang cantik dan bisa membuat mata melirik karena desainnya yang memang menarik.
Hanya karena claim Tag yang menyatakan itu movement inhouse mereka nah ada beberapa perdebatan di diskusi milis jam yang menyatakan bahwa sebenarnya desain Cal 1887 itu dari Seiko Cal TC78 atau dikenal dengan Cal 6S37 seperti tercantum di calibercorner.com.Carrera_01
Hal ini dikemukakan sendiri oleh J.C. Babin yang pernah menjadi CEO Tag dalam pernyataan nya yg mengatakan memang Cal 1887 itu berbasis dari SII (Seiko Instrument Inc) TC78 platform …
Sebenarnya tidak ada yang salah dalam hal ini karena saling tukar desain adalah hal yang biasa, apalagi Tag juga hanya mengambil basis design lalu banyak merubah dan menambahkan sesuatu dari desain tersebut sesuai dengan kepentingan mereka. Ini biasa dilakukan dalam industri apapun.
Tudor dan Breitling melakukan hal yang sama juga Tag saat ini untuk caliber 36 mengambil basis dari Zenith El Primero…
Jadi memang sebaiknya tidak menutupi kenyataan dengan membuat claim 100% inhouse atau desain sendiri, sehingga konsumen tidak merasa dibodohi … bukan ditipu karena cal 1887 ini merupakan movement yang bagus dan merupakan hasil modifikasi Tag yang berhasil.

More Stories From Ulasan Singkat