Go to ...

RSS Feed

Tuesday, July 17, 2018

COSC … Standard apakah itu


COSC singkatan dari Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres, Official Swiss Chronometer Testing Institute, adalah lembaga resmi yang bertanggung jawab memberikan sertifikasi untuk akurasi dan presisi dari jam yang berlokasi di Swiss.
Lembaga ini didirikan tahun 1973, mereka membuat standard untuk akurasi jam yang bisa diberi sertifikasi apabila masuk kriteria -4/+6 detik perharinya, di test di lab mereka dengan beberapa kondisi dan posisi tertentu.
Tidak ada kewajiban untuk perusahaan jam mengikuti standard ini dan yang ikut juga tidak ada kewajiban menyerahkan semua produksi jam nya ke lembaga ini..
Pelanggan mereka terbesar saat ini adalah Rolex, Omega, Breitling, Tag dan Panerai dan hanya Breitling yang katanya menyerahkan semua produknya untuk di sertifikasi.
Dari total produksi jam di Swiss hanya 3% yang melewati sertifikasi COSC ini tetapi sebenarnya banyak merek lain yang sudah menerapkan standar lebih tinggi dari COSC seperti Rolex yg standar nya -2/+2 detik atau Grand Seiko walau Grand Seiko tidak mengikuti standar ini.
Banyak juga perusahaan yang hanya mengirimkan sampel produk nya jadi mungkin saja sampel dibuat sebaik mungkin tapi yang dijual beda standar nya dan mereka bukan mencantumkan mendapat sertifikasi melainkan lolos sertifikasi …
COSC ini seperti SNI kalau di Indonesia, orang akan lebih percaya kalau sudah ada label sertifikasi SNI …
Saya check beberapa movement inhouse atau yg digunakan oleh Tudor, Steinhart, Nomos beberapa dari produk mereka juga hasilnya lebih baik dari standar COSC…
Biasa nya setiap tahun COSC mengeluarkan pengumuman daftar perusahaan yang menurut mereka masuk standard mereka beserta produknya tetapi mulai tahun lalu dihentikan dan hanya diberikan kalau kita minta ke mereka.
Jadi bila anda mau membeli jam tangan mekanik, coba lihat di bosur nya apakah ada info masuk dalam standar COSC nya …

More Stories From Ulasan Singkat