Go to ...

RSS Feed

Thursday, November 23, 2017

*Rolex – Oyster Perpetual datejust


Rolex_Old-1 Rolex_Old-2 Rolex_Old-3 Rolex_Old-4 Rolex_Old-5

[Koleksi Pribadi]

Jam Rolex ini sudah cukup lama usianya tetapi ketangguhan dan nama besar Rolex terbukti karena jam yang sudah termasuk generasi tua ini masih berjalan dengan sempurna. Dibawah angka 6 di body tertutup tali tertera angka 6592615.

Awalnya bernama Jubilee Datejust, sejarah Rolex Datejust dimulai pada tahun 1945 ketika Rolex merilis model ini untuk memperingati ulang tahun ke 40 perusahaan tersebut.
Itu adalah modifikasi dari Bubbleback dengan memasukkan fungsi tanggal, yang ditempatkan pada posisi pukul 3 di dial nya. Datejust memiliki bezel ditepinya, yang kemudian menjadi bezel flutted.
Ini adalah jam tangan pertama yang menampilkan tanggal secara otomatis dan juga yang pertama mengubah tanggal tepat pada tengah malam. Datejust sangat inovatif, unik, dan berbeda dari jam tangan lainnya yang ditawarkan saat itu.
Sejarah Rolex Datejust dimulai dengan Datejust pertama, Jubilee Datejust Model 4467, yang hanya tersedia menggunakan emas 18k dan tampilannya agak menggelembung kecil pada casing bawahnya.
Pada tahun 1950-an, Oysterdate bergabung dengan keluarga Datejust, tampil dalam dua ukuran. Meskipun Datejust awalnya terdiri dari tiga bagian, namun kemudian diperbarui menjadi dua bagian saja.
Pembaruan utama lainnya adalah penambahan lensa Cyclop pada tahun 1954. Saat ini lensa ini menjadi standar untuk jam tangan Rolex dan bahkan merupakan bagian penting, jatidiri, yang menandakan itu adalah jam Rolex.
Sebelum tahun1954, tidak ada yang menggunakan cyclop pada lensa tepat di atas tanggal. Kemudian, pada tahun 1957, sebuah movement yang lebih ringan, lebih ramping, kaliber 1065, memungkinkan case belakang ratak kembali menggantikan model lama.
Pada tahun yang sama, Datejust tersedia dengan logam stainless disamping emas.
Model Datejust Turn-o-Graph memulai debutnya pada tahun 1955. Jam ini diberi julukan “Thunderbird” sebagai penghargaan kepada pilot Angkatan Udara AS yang menggunakannya selama misi tempur.
Model ini kemudian mengilhami Rolex Explorer, Rolex Submariner dan Rolex Sea Dweller. Pada akhir 1980an, model Datejust mulai menampilkan kaca kristal mineral safir, yang secara estetika lebih baik (karena lebih ramping) dan sangat tahan terhadap goresan.
Fakta bahwa Rolex Datejusts masih dibeli dan dipakai sampai hari ini adalah bukti kehebatannya.
Untuk memahami sejarah Rolex Datejust, gambar bisa bernilai seribu kata dan melihat foto beberapa presiden dan orang terkenal lainnya mengenakan Rolex Datejust menunjukkan pentingnya pernanan jam tangan ini.

 

More Stories From 1 - Mechanical Watches

About admin