Go to ...

RSS Feed

Thursday, November 23, 2017

Munculnya Rolex Daytona “Paul Newman”


[diambil dari The Wall Street Journal]
Pada suatu hari yang panas di tahun 1978, James Cox dan ayahnya, Ed, berkendara 90 mil dari rumah mereka di Larchmont, New York, ke arena pacuan kuda Lime Rock Park di pedesaan Connecticut.
Dengan kamera barunya, hadiah dari ayahnya, James menerobos kerumunan orang dengan hati-hati menghindari petugas untuk mengambil foto mobil yang diparkir di sekitar lintasan dan pengemudi yang berkeliaran di pit.
Dia melihat seorang pembalap dengan setelan balap biru, berkeringat basah tapi santai di daerah yang dibatasi dengan tali.
Sebelumnya, James telah mendengar dari pengumuman bahwa panitia akan menyambut aktor dan pembalap mobil Paul Newman yang datang kesitu.day1
James menyadari pria bertopi biru itu adalah Paul Newman lalu mendekat, berharap bisa mendapat foto yang bagus. Newman menatap langsung James, mengedipkan mata dan melambaikan tangan agar James bisa mengambil fotonya.
James melakukan hal itu.
Kembali ke Larchmont, foto Newman menghiasi lemari esnya tapi akhirnya hilang.
Lima tahun kemudian, James sedang di College of the Atlantic di Bar Harbor, Maine. Setelah berbenah, ia berkeliaran di luar, di mana sebuah mobil Nissan Stanza yang melaju cepat memasuki asramanya.
Seorang gadis dengan rambut pirang, celana jeans ketat dan kemeja kotak-kotak dan membawa enam pak bir St. Pauli Girl keluar dari mobil. “Dia memberi saya pandangan sekilas dan saya langsung menyukainya,” kata James, sekarang, 52, melalui pembicaraan telepon baru-baru ini dari rumahnya di Santa Cruz, California.
Si pirang, yang tinggal di lantai yang sama di asrama, bernama Nell Potts. “Saya ingat melakukan yang terbaik untuk mencoba dekat dan memikatnya selama beberapa hari berikutnya,” katanya.
Nell dan James segera menjadi pasangan. Saat makan malam bersama murid-murid lain, Nell membawa sebotol saus salad Newman’s Own, salah satu produk yang dijual Paul Newman melalui perusahaannya milik Newman, dan memberikan semua keuntungan untuk amal.
Melihat botol itu, James berkata, “Saya bertemu Paul Newman saat saya masih kecil di arena pacuan kuda. Dia benar-benar pria yang baik. ”
Saat James menceritakan kisah -nya, orang lain tertawa. Saat itu James baru tahu kalau pacar barunya: Nell Potts, seperti yang sudah diketahui orang lain, benar-benar Nell Newman, putri tertua Paul Newman dan Joanne Woodward.
“James adalah orang terakhir yang mengetahui [tentang orang tua saya], dan karena itulah dia bertahan,” kata Nell, 58, yang sekarang tinggal di Santa Cruz juga.
“Tapi itu bagus-itu berarti dia tidak memiliki maksud tertentu, dan karena itulah kami menjadi sangat dekat.”
Selama liburan James tinggal di rumah Newmans di Westport, Connecticut. Pada musim panas 1984, dia menawarkan untuk memperbaiki rumah dikebun keluarga tersebut, tempat Nell dan saudara-saudaranya bermain, ibunya bermeditasi dan orang tuanya membaca naskah film.
“Suatu hari di rumah kebun, Paul bertanya kepada saya jam berapa sekarang, untuk menseting arlojinya. Saya menjawab, ‘Saya tidak tahu karena saya tidak punya jam tangan.’
Dia benar-benar terkejut. Lalu dia berkata, ‘Ini, ambil jam tangan iki. Jika Anda merawatnya, ini akan menunjukan waktu yang tepat. ‘”
Paul Newman memberi James, Rolex Cosmograph Daytona-nya.
“Pada saat itu, saya tahu Rolex adalah merek yang sangat bagus, tapi saya saat itu tidak sadar seberapa penting jam tangan itu nantinya,” kata James.
Paul Newman sendiri menerima jam tangan tersebut sebagai hadiah dari istrinya, yang kemungkinan membelinya di Tiffany’s dengan harga sekitar $ 300 pada akhir tahun 60an, sekitar awal karir balap suaminya.
Rolex Daytona, adalah model jam tangan chronograph, sebuah jam dengan fungsi stopwatch, sebuah fitur yang berguna untuk pengemudi mobil balap.
“Kepentingan terbesar ayah adalah apakah dia bisa mengetahui kecepatan per putaran saat mobil-mobil itu berjalan,” kenang Nell.
Rolex memperkenalkan model khusus itu, Rolex Daytona Reference 6239 pada tahun 1963 dan menghentikan produksi pada awal tahun 70-an. Sekitar 14.000 yang diproduksi selama masa itu.
Pada jam tangan Daytona Paul Newman, bersama dengan sekitar 2.000 sampai 3.000 lainnya, fitur yang paling membedakan adalah dial “Exotic” kombinasi warna hitam putih dan merah. (Model Daytona adalah satu-satunya jam tangan Rolex yang diproduksi dengan dial Exotic.)
Woodward menggrafir tulisan “Drive Carefully Me” di bagian belakang, dan tali jam stainless steel yang asli diganti dengan tali kulit ekstra lebar.
Ketika versi dial Exotic diproduksi awal, sebenarnya banyak penggemar Rolex yang setia menolaknya, namun karena Paul Newman sering difoto sepanjang tahun 70-an dan awal tahun 80-an dengan memakai jam tangan model ini maka model dial Exotic ini jadi populer dan dinamakan Daytona Paul Newman.day3
Joanne Woodward lalu membelikan Paul Newman jam chronograph Rolex lainnya, karena itulah Nell dan James percaya bahwa Paul dengan senang hati menyerahkan jam nya yang pertama kepadanya.
“Paul bukanlah tipe orang yang akan menyimpan atau mengumpulkan sesuatu,” kata James.
Setelah lulus dari perguruan tinggi pada tahun 1987, James dan Nell menetap di California.
Nell menjadi direktur eksekutif Ventana Wilderness Sanctuary, dan James dengan bantuan pinjaman dari Paul Newman, pada akhirnya memulai TerraPax, sebuah perusahaan yang memproduksi tas dan ransel.
Pasangan itu, yang tidak pernah menikah, kemudian mereka berpisah pada tahun 1993.
Pada tahun yang sama Nell dan rekan bisnisnya, Paul Meehan, mendirikan Newman’s Own Organics – berafiliasi ke perusahaan ayahnya.
Selama bertahun-tahun, James mengenakan jam tangan yang diberikan Paul Newman hampir setiap hari tanpa pemikiran yang lain sampai suatu saat dia menghadiri pameran dagang untuk TerraPax pada pertengahan 90-an.
“Seorang pria yang tidak lancar bahasa Inggrisnya menepuk bahu saya dan berkata: ‘Jam Paul Newman, Jam Paul Newman.” Saya berpikir, Apa sih? Bagaimana orang ini tahu aku punya jam tangan Paul Newman? Dia jelas adalah penggemar jam dan melihat bahwa saya memiliki model Daytona. Hal itu mengejutkan saya, kemudian saya melakukan sedikit riset. “

Paul Newman (Photo by Douglas Kirkland/Corbis via Getty Images)

Paul Newman (Photo by Douglas Kirkland/Corbis via Getty Images)

James akhirnya tahu bahwa para kolektor jam, yang dipengaruhi oleh foto Newman yang mengenakan jam tersebut, telah mengganti nama model jam tersebut menjadi Rolex Daytona Paul Newman.
Pada awal 90an, Rolex Daytona Paul Newman ref 6239 bisa berharga sekitar $ 10.000 di rumah lelang.
Pada Mei 2016, harga lelang untuk jam Rolex Daytona ref 6239 tersebut bisa mencapai $ 2 juta.
Tidak punya gambaran dengan harga jam yang dimilikinya langsung dari Paul Newman saat itu tetapi James ingin melakukan sesuatu untuk Nell Newman Foundation – organisasi amal yang dimulai Nell pada tahun 2010, dua tahun setelah ayahnya meninggal karena kanker paru-paru pada usia 83.
James (sebagai bendahara yayasan) lalu menghubungi Jeff Walsworth, seorang pengacara yg tinggal di Irvine, California, untuk meminta saran tentang kemungkinan menjual jam tangan tersebut.
Walsworth kemudian menghubungi Tom Peck, seorang kolektor jam tangan di California yang terkenal, dan enam minggu kemudian James bertemu dengan orang yang pernah menjual Rolex Daytona Paul Newman dengan harga tertinggi : Juru lelang Swiss, Aurel Bacs.Bacs, veteran yang sudah lebih dari 30 tahun berkecimpung didunia jam vintage, mempunyai perusahaan konsultan Bacs & Russo bersama istrinya, Livia, di Jenewa, dan bekerja sama dengan rumah lelang Phillips.
“Pertanyaan pertama yang Anda tanyakan saat Anda tertarik dengan jam tangan vintage adalah, ‘Di mana ‘Paul Newman’ Paul Newman?'” … maksudnya jam Rolex Daytona Paul Newman yg punya nya Paul Newman sendiri.
Kata Bacs. “Semua orang tahu bahwa pada pertengahan tahun 80an, Paul Newman tidak lagi memakai jam tersebut, dan tidak ada yang tahu di mana tempatnya. Hampir tidak ada acara makan malam dengan kolektor jam dimana percakapan tidak beralih ke pembicaraan tentang jam tangan ini. Dimana jam itu, dan berapa harga yang akan dihasilkannya jika muncul ke pasar lelang? Apakah dia telah kehilangan jam itu? Apakah di laci di rumahnya di Connecticut? ”
Saat makan malam dengan James, Walsworth dan Peck di sebuah klub swasta di Irvine, California, pada bulan Juli 2016, Bacs akhirnya memegang Daytona Paul Newman asli di tangannya.
“Dia terlihat sangat bersemangatnya saat melihat jam tersebut” kata James.
Beberapa bulan kemudian, James memutuskan untuk menjual jam tersebut.
“Jika Paul masih hidup, dan saya mendatanginya dan berkata, ‘Hei, tahukah anda, jam yang anda berikan ke saya bertahun-tahun yang lalu? Ternyata itu menjadi jam yg sangat terkenal dan sangat berharga, ‘”kata James.
“Saya pikir jawabannya adalah, ‘Nah, apa yang akan Anda lakukan dengan itu, Nak?'”
Paul Newman Daytona yang asli akan mulai ditawarkan pada tanggal 26 Oktober di New York.
Rumah lelang Phillips mengharapkan penawaran melebihi $ 1 juta, dan Nell Newman Foundation akan menerima sebagian besar hasil penjualannya.
“Pop akan memberi Anda kaus dari punggungnya,” kata Nell pada James, yang yakin ayahnya kemungkinan besar mendekati James di rumah pohon saat itu karena ingin memberinya jam itu.

“This is following in that tradition of generosity. I think this is the best purpose for the watch.”

Leave a Reply

More Stories From 1 - Mechanical Watches

About admin