Go to ...

RSS Feed

Saturday, September 22, 2018

*Bell & Ross – BR03-94 Rafale


Sudah lama sebenarnya saya tertarik dengan Bell & Ross ini, bentuknya yang kebanyakan kotak sangan menarik dengan balutan warna abu-abu hitam baik di dial nya atau casingnya.
Awalnya saya punya BRV-123, yang casingnya bulat serta model Vintage… dan target berikutnya adalah BR 03-94 yang sangat garang dengan gambar pesawat Rafale, pesawat kebanggan Perancis, di dial nya.
Ada beberapa pertimbangan saat memilih type ini yang menggunakan mesin berbasis ETA 2894-2 yang dikenal sebagai Cal.301 selain dikenal handal dan bisa di modifikasi juga karena type ini hanya diproduksi sebanyak 500 buah saja … casing nya terbuat dari keramik yang sangat keras tahan benturan dengan warna abu-abu seperti warna pesawat Rafale.
Bentuk kotak jam ini diinspirasi dari bentuk instrumen di kokpit pesawat, memang jam BR umumnya diperuntukan bagi pilot pesawat terbang.


Warna Dial nya sama dengan warna pesawat Rafale.

No 393 dari 500 buah yang di produksi, sangat bagus buat investasi dan sebagai koleksi yg istimewa.

10 tahun yang lalu Bell & Ross memperkenalkan desain jam yang dengan cepat menjadi ikon. Dengan ide menciptakan instrumen dashboard pesawat untuk dikenakan di pergelangan tangan, BR 01 (dan adik yang lebih kecil, BR 03) cepat mendapatkan kesuksesan dan pengakuan, kemudian menjadi saat salah satu perusahaan besar.
Di antara semua edisi terbatas [Limited Edition] yang telah kita lihat sejauh ini (dan ada banyak model), kreasi mereka berikutnya adalah Bell & Ross BR 03 Rafale Limited Edition – BR 03-94 Keramik Chronograph kolaborasi dengan pesawat tempur Dassault.
Sebagai salah satu kebanggaan Perancis yang terutama untuk penerbangan dan militer, Dassault Rafale (pesawat tempur Perancis) sepertinya dapat dilihat sebagai sebuah pesawat tempur berteknologi tinggi, yang masuk ke layanan operasional pada tahun 2004 di Angkatan Laut, dan pada tahun 2006 di Angkatan Udara – dan tentu saja salah satu pesawat tempur yang paling dikenal dan paling canggih yang tersedia.
Lebih jauh lagi, itu bukan upaya pertama dari kolaborasi antara dua merek, seperti Bell & Ross diperkenalkan pada tahun 2013 edisi terbatas didedikasikan untuk ulang tahun ke-50 jet bisnis Falcon.
Dengan Bell & Ross BR 03 Rafale, kolaborasi melangkah lebih lanjut tidak hanya dihiasi dengan logo atau khusus warna tetapi dikembangkan dan dibuat seperti khusus untuk pilot Rafale, selama menjalankan misi dan dengan dengan tujuan menjadi instrumen on-board yang tepat.
Rafale Limited Edition ini diterapkan pada type BR 03, yang berarti versi lebih kecil dari ikon berbentuk persegi arloji dengan bezel putaran. Jadi, bahkan jika konsep tetap persis sama dengan 10 tahun berusia BR 01, yang tahan dipakai dan dengan kenyamanan yang ditingkatkan (untuk pergelangan tangan kecil terutama), tanpa kehilangan aura khas koleksi.
Casing 42mm terbuat dari keramik hitam dan menunjukkan ciri khas B & R, dengan 8 sekrup (fungsional) – 4 di atas dan 4 di caseback tersebut.

Casing ini tidak sesederhana tampaknya dan konstruksi tidak hanya bergantung pada keramik persegi diluar tetapi juga pada sebuah wadah stainless steel didalam yang membawa movement.
Berbicara mengenai movement, Bell & Ross BR 03 Rafale dilengkapi dengan Calibre BR-CAL.301, chronograph yang kuat dan dapat diandalkan (dengan konseps modular).
Dial dari Bell & Ross BR 03 Rafale benar-benar menggambarkan kolaborasi antara manufaktur dan produsen pesawat Dassault – yang telah ikut terlibat dalam desain dan konsepsi jam.
Tujuannya adalah untuk memberikan BR 03 suatu tampilan Rafale tetapi juga sebagai jam yang sangat berguna dan fungsional untuk digunakan sebagai instrumen yang tepat, sebagai bagian dari peralatan pilot.
Dial menunjukkan warna yang sama matt abu-abu sebagai jet-tempur, non-reflektif dan warna yang memungkinkan untuk fokus terutama pada tulisan yang ada di dial dan juga pada pembacaan indikasi waktu.
Angka Arabic dan jarum penunjuk waktu sangat kontras dengan cat hitam (tapi diisi dengan bahan bercahaya) – tipografi dari angka yang halus mengingatkan nomor registrasi yang ada pada badan pesawat pesawat itu.
Jarum yang digunakan untuk fungsi chronograph (jarum kedua dititik pusat dan jarum jam yang digunakan dalam 30 menit di arah counter 9) dibedakan dengan warna orange (dalam penerbangan, ini adalah warna dari fitur penting), yang menawarkan kemudahan membaca sangat baik di segala kondisi.
Lingkar pinggir sebelah dalam menunjukkan skala tachymeter (dengan kata “tachymeter” juga ditulis dalam oranye terang). Akhirnya, sub-counter kecil kedua dicetak dengan siluet pesawat tempur Rafale.

https://www.youtube.com/watch?v=EfW6XCj8x_Q

https://www.youtube.com/watch?v=B6QLNOJfoiA

Talinya dari karet dan juga dapat tali nylon yang kuat…
Limited edition of 500 pcs.
Movement: automatic mechanical. Calibre BR-CAL.301.
Functions: hours, minutes, small seconds at 3 o’clock. Date.
Elapsed time chronograph: 30-min timer at 9 o’clock, central chronograph seconds.
Tachymeter scale on the flange.
Case: 42 mm in diameter.
Matt black ceramic.
Dial: matt grey.
Superluminova®-filled numerals, indices and hour and minute hands.
Crystal: sapphire with anti-reflective coating.
Water resistance: 100 m.
Strap: black rubber.
Buckle: pin. Black PVD* coated steel.
*PVD : Physical Vapor Deposition

More Stories From 1 - Mechanical Watches